Begini Doa agar Ilmu Bermanfaat, Amal dan Zikir Diterima serta Hati Menjadi Khusyuk

Selasa, 08 November 2022 - 13:41 WIB
loading...
A A A
Demikian pula setiap ilmu yang bisa memperbaiki agama, dunia, dan akhlak manusia. Dengan syarat bahwa agama-lah yang menjadi pokok, sedangkan yang lain adalah tambahan dan penyokong untuk perbaikan agama seseorang.



Ikhlas dan Mutaba'ah
Permohonan kedua adalah berlindung kepada Allah SWT dari amalan yang tidak diangkat; artinya tidak naik ke langit kepada Allah SWT sehingga amalnya tidak diterima. Karena tidak memenuhi syarat diterimanya doa. Dan di antara syaratnya yang paling krusial adalah ikhlas dan mutâba’ah mengikuti Nabi SAW.

Mohon perlindungan kepada Allah dari hati yang tidak khusyuk adalah hati yang tidak tersentuh ketika mendengar wejangan dan nasihat.

Hatinya keras, tidak termotivasi ataupun merasa takut ketika mendapatkan targhib dan tarhib. Ilmu yang bermanfaat disandingkan dengan hati yang tidak khusyuk, mengisyaratkan bahwa ilmu yang berguna, itulah yang bisa membuahkan khusyuk kepada Allah Ta’ala. Maka hati yang tidak khusyuk, ilmunya tidak bermanfaat, suaranya tidak didengar, doanya tidak diangkat.

Selanjutnya mohon perlindungan kepada Allah dari ucapan yang tidak didengar, artinya zikir dan doanya tidak diterima dan tidak dikabulkan.

Allah SWT adalah Dzat Yang Memberi manfaat dan madharat. Bila hamba memanjatkan doa kepada-Nya namun tidak dikabulkan, sungguh ia telah merugi. Karena ia telah ditolak dari pintu; di mana kebaikan tidaklah didapatkan kecuali dari-Nya.

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2390 seconds (0.1#10.140)