Anjuran Ulama saat Terjadi Gempa : Bertasbih hingga Perbanyak Istighfar

loading...
Terlebih lagi orang kaya, pengusaha, pemerintah, dan bangsawan, hendaknya mereka mengeluarkan hartanya untuk membantu para korban.

Dahulu, tatkala terjadi gempa pada masa Khalifah Umar bin Abdul Aziz, beliau menulis surat kepada para gubernurnya untuk bersedekah dan memerintah rakyat untuk bersedekah.

Dan hendaknya para relawan saling membantu dan saling melengkapi antar sesama sehingga terwujudlah apa yang menjadi tujuan mereka, jangan sampai ada terjadi pertengkaran atau perasaan bahwa dia adalah orang yang paling pantas dibanding lainnya.

Dalam Majmu’ Fatawa wa Maqaalaat Mutanawwi’ah, dikatakan bahwa hanya kepada Allah Ta'ala kita memohon agar memperbaiki kondisi kaum Muslimin, memberikan pemahaman agama dan menganugerahkan kekuatan untuk istiqamah, segera bertaubat kepada Allah Azza wa Jalla dari semua perbuatan dosa.

Semoga Allah memperbaiki kondisi para penguasa kaum Muslimin; semoga Allah menolong al haq melalui mereka serta menghinakan kebathilan, membimbing mereka untuk menerapkan syari’at Allah Azza wa Jalla atas para hamba. Dan semoga Allah melindungi mereka dan seluruh kaum Muslimin dari fitnah dan jebakan setan yang menyesatkan. Sesungguhnya Allah maha berkuasa atas segala sesuatu.

Baca juga: Fenomena Gempa, Bencana yang Sudah Dikabarkan Allah Ta'ala dalam Al-Qur'an

Wallahu A'lam
(wid)
halaman ke-2
preload video