40 Fakta Unik Tentang Islam yang Menarik untuk Diketahui

Senin, 28 November 2022 - 22:39 WIB
loading...
40 Fakta Unik Tentang Islam yang Menarik untuk Diketahui
Islam adalah agama yang unik dan menempati posisi kedua paling banyak dianut di dunia. Foto/Ist
A A A
Islam adalah agama yang unik dan memiliki banyak pengikut di dunia. Peradaban Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW pada 14 abad lebih lalu kini berkembang dan menjadi agama kedua paling banyak dianut di dunia.

Populasi Muslim saat ini berjumlah sekitar 1,9 miliar orang. Indonesia tercatat sebagai penyumbang populasi muslim terbesar di dunia, disusul Pakistan, India, Bangladesh, Nigeria, Mesir, Iran.

Pengasuh Ma'had Subuluna Bontang Kalimantan Timur Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq dalam satu kajiannya menyebutkan ada 40 fakta unik tentang Islam yang menarik untuk diketahui. Sebagian orang mungkin ada yang meragukan tentang kebenaran Islam. Padahal, bukti kebenaran Islam telah terpampang dalam setiap kejadian di alam semesta.

Berikut ini 40 fakta unik tentang Islam:

1. Nama Muhammad adalah nama paling populer di seluruh dunia. Nama Muhammad atau Mahomed, Mohammed atau Ahmad menempati urutan kedua di Inggris untuk nama bayi laki-laki setelah nama laki-laki "Jack".

2. Albania merupakan satu-satunya negara di benua Eropa yang 90% penduduknya beragama Islam.

3. Kata-kata berikut ini diserap dari bahasa Arab, yaitu: Algebra, Zero, Cotton, Sofa, Rice, Candy, Safron, Balcony, bahkan Alcohol juga berasal dari bahasa Arab, Al-Kuhl, yang mempunyai arti bubuk.

4. Beberapa ayat di dalam Al-Qur'an menggambarkan pentingnya persamaan hak antara laki-laki dan wanita (secara perhitungan matematik). Kata laki-laki dan wanita di dalam Al-Qur'an sama-sama berjumlah 24.

5. Ka'bah, rumah ibadah yang dibangun pertama kali di muka bumi. Kini menjadi kiblat sholat bagi umat Islam di dunia

6. Islam merupakan agama yang pertumbuhannya paling cepat di dunia menurut banyak sumber. Diperkirakan akan menjadi agama nomor satu pada Tahun 2030 mendatang.

7. Para Ilmuwan dan Ahli sejarah menempatkan Nabi Muhammad SAW sebagai sosok manusia paling berpengaruh di dunia.

8. Nabi Muhammad SAW melaksanakan ibadah Haji hanya 2 kali dalam hidupnya.

9. Jikalau sekarang Al-Qur'an dihancurkan, maka versi Arab dari Al-Qur'an akan segera di-recover oleh jutaan muslim, yang disebut Huffaz yang telah menghafalkan kata-kata di dalam Al-Qur'an dari mulai awal sampai dengan akhir ayat.

10. Nama original dari kota suci Madinah adalah "Yatsrib". Nabi Muhammad mengganti nama itu menjadi Al-Madinah Al-Munawwarah yang berarti kota yang bercahaya, setelah beliau Hijrah ke kota tersebut.

11. Pemeluk Islam bertambah 2,9% per tahun. Pertumbuhan ini lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan jumlah penduduk bumi sendiri yang hanya 2,3% per tahun.

12. Berdasarkan data dari Departmen Pertahanan Amerika Serikat. Dari 1,4 juta prajurit di militer Amerika, diperkirakan ada sekitar 3.700 yang beragama Islam (Muslim).

13. Islam menyebar ke bumi Nusantara ketika Nabi Muhammad SAW masih hidup.

14. Sebanyak 8 juta orang Muslim yang kini ada di AS dan 20.000 orang AS masuk Islam setiap tahun setelah peristiwa 9/11.

15. Jasad Nabi Muhammad SAW pernah ingin dicuri 2 kali. Namun gagal dan salah satu yang mencuri dihilangkan oleh Allah dari bumi.

16. Jasad Firaun (Ramses II) yang tenggelam di laut merah baru ditemukan oleh Arkeolog Giovanni Battista Belzoni tahun 1817. setelah 3.000 tahun berada di bawah tanah dan pasir.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2901 seconds (10.55#12.26)