Kumpulan Artikel: Agama Islam

  • Aktor India Vikrant Massey: Kakak Saya Masuk Islam di Usia 17 Tahun
    Dunia Islam
    Rabu, 21 Februari 2024 - 15:55 WIB
    Aktor Vikrant Massey, yang menikmati kesuksesan rilisan terakhirnya 12th Fail, mengungkap rahasia keluarganya yang beragam agama. Kakaknya masuk Islam di usia 17 tahun.
  • Syura dalam Al-Quran: Mementingkan Musyawarah dalam Setiap Persoalan yang Dihadapi
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Februari 2024 - 06:48 WIB
    Al-Quran menggunakan kata syura dalam tiga ayat. Pertama, surat Al-Baqarah ayat 233. Adapun ayat kedua dan ketiga yaitu surat Ali-Imran ayat 159 dan Asy-Syura ayat 38.
  • Apa yang Dimaksud Syura dalam Islam?
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Februari 2024 - 17:57 WIB
    Apa yang dimaksud syura dalam Islam? Syura merupakan sendi kehidupan dalam sosial dan bernegara yang digunakan sebagai prinsip yang harus ditegakkan di muka bumi.
  • Kisah Al-Mutsanna Pimpin Pasukan Muslim Bebaskan Surga Dunia Bernama Irak
    Hikmah
    Sabtu, 13 Januari 2024 - 16:58 WIB
    Misalnya kota Ur yang menurut penemuan-penemuan belakangan ini yang oleh sebagian orang dibandingkan dengan peninggalan-peninggalan Firaun, terdapat di kawasan ini.
  • Setiap Agama Menuntut Pengorbanan dari Pemeluknya, Bagaimana dengan Islam?
    Tausyiah
    Minggu, 07 Januari 2024 - 11:49 WIB
    Yang paling berharga buat agama adalah agama itu sendiri. Karenanya setiap agama menuntut pengorbanan apa pun dari pemeluknya demi mempertahankan kelestariannya.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Quraish Shihab: Islam Adalah Agama yang Mendambakan Perdamaian
    Tausyiah
    Jum'at, 05 Januari 2024 - 17:42 WIB
    Quraish Shihab mengatakan Islam adalah agama yang mendambakan perdamaian. Cukup dengan mendengarkan ucapan yang dianjurkan untuk disampaikan pada setiap pertemuan.
  • Prof Wilson Bilang Islam berkembang Lewat Kekerasan, Begini Penjelasan Imam Chirri
    Dunia Islam
    Selasa, 12 Desember 2023 - 13:19 WIB
    Sejarah menyaksikan bahwa Muhammad tinggal di Makkah selama 13 tahun setelah dia memproklamasikan kepercayaannya, di bawah ancaman lawan-lawannya yang meliputi mayoritas penduduk Makkah.
  • Kemurnian Tauhid: Berdoa kepada Allah Taala Semata
    Tausyiah
    Minggu, 26 November 2023 - 08:42 WIB
    Agama Allah tidaklah tegak melainkan dengan mengesakan Allah semata dalam setiap ibadah. Dengan sebab inilah Dia mengutus para Rasul dan menurunkan kitab-kitabNya.
  • Hakikat Islam adalah Memurnikan Segala Ibadah Hanya untuk Allah Semata
    Tausyiah
    Minggu, 26 November 2023 - 08:33 WIB
    Kalimat Laa ilaaha illallah merupakan dasar dan pondasi ajaran Islam, awal dan akhirnya, sebab dan tujuannya, puncak bangunan yang mendefinisikan kesempurnaan dan keindahannya.
  • 42 Hadis Arbain Karangan Imam Nawawi Lengkap
    Tips
    Selasa, 21 November 2023 - 06:32 WIB
    Hadis-hadis dalam Arban Nawawiyah karya Imam an-Nawawi merupakan landasan atau fondasi dalam agama Islam. Sebagian ulama berpendapat bahwa ajaran Islam sepertiganya berlandaskan pada hadis-hadis dalam kitab ini.
  • Hadis Arbain: Larangan Membuat Sesuatu yang Baru dalam Agama
    Tips
    Selasa, 14 November 2023 - 12:54 WIB
    Barangsiapa yang (memulai) mengada-adakan (sesuatu yang baru) dalam urusan (agama) kami ini yang bukan termasuk bagian darinya, maka amalan tersebut tertolak.
  • Kedudukan Ya’qub dalam Islam: Allah Memuji Israil dan Mencela Yahudi
    Hikmah
    Selasa, 07 November 2023 - 10:00 WIB
    Allah sangat memuji Israil atau Nabi Yaqub, di sisi lain sering mencela Yahudi. Hal ini disampaikan dalam ayat-ayat al-Quran. Islam memandang mereka yang paling dekat dengan agama Nabi Yaqub bukan orang Yahudi.
  • Bukti Sifat Umum dari Ajaran Islam Menurut Imam Chirri
    Hikmah
    Selasa, 10 Oktober 2023 - 14:24 WIB
    Salah satu sifat umum dari ajaran Islam dapat dibuktikan dari tidak adanya perbedaan ajaran yang berhubungan dengan golongan (kelompok) bangsa. Berikut penjelasan Imam Chirri.
  • Imam Chirri: Profil Nabi Muhammad SAW Jadi Pendorong Tumbuh Pesatnya Islam
    Hikmah
    Selasa, 10 Oktober 2023 - 11:56 WIB
    Faktor-faktor yang menyebabkan pesatnya pertumbuhan Islam salah satunya adalah kepribadian Nabi Islam. Selain itu, keyakinan yang kuat pada orang-orang Islam yang mula-mula (terdahulu).
  • Al-Quran Salah Satu Faktor Penyebab Pesatnya Pertumbuhan Islam
    Hikmah
    Selasa, 10 Oktober 2023 - 11:47 WIB
    Imam Chirri menjelaskan bahwa banyak faktor yang menyebabkan meluasnya Islam. Saya tidak akan menyebutkan semuanya, tetapi saya dapat menunjukkan beberapa faktor, ujarnya lalu menyebut salah satunya adalah al-Quran.
  • Imam Chirri: Pemeluk Islam Baru Lebih Beruntung ketimbang Sejak Lahir
    Hikmah
    Senin, 09 Oktober 2023 - 15:20 WIB
    Imam Mohammad Jawad Chirri mengatakan seorang yang baru memeluk agama Islam lebih beruntung daripada seorang yang sejak lahir telah menjadi Islam.
  • Prof Wilson Bertanya, Apa Itu Islam dan Muslim? Begini Jawaban Imam Chirri
    Hikmah
    Senin, 09 Oktober 2023 - 11:24 WIB
    Islam adalah penerimaan dari suatu pandangan atau suatu keadaan yang mula-mula ditolak atau tidak diterima. Di dalam Al-Quran, Islam diartikan kerelaan dari untuk menjalankan perintah Tuhan dan mengikutinya.
  • Dialog Prof Wilson-Imam Chirri: Adakah Batasan untuk Menguji Kebenaran Islam?
    Dunia Islam
    Sabtu, 07 Oktober 2023 - 13:36 WIB
    Prof Wilson Howland Guertin bertanya apakah Islam mempunyai patokan atau nasihat khusus mengenai pengujian akan kebenaran ajaran agama secara ilmu pengetahuan?
  • Ketika Masa Depan Islam dan Muslim Kian Suram di Prancis
    Dunia Islam
    Kamis, 28 September 2023 - 12:29 WIB
    Setelah pelarangan abaya di sekolah umum, ambang batas baru telah terlampaui dalam Islamofobia yang sudah tidak terkendali di Prancis. Serangan terbaru terhadap Islam sangatlah parah,
  • Kisah Pembenci Islam Jadi Mualaf, Joram van Klaveren: Orang Mengira Saya Gila
    Dunia Islam
    Jum'at, 14 Juli 2023 - 04:31 WIB
    Orang-orang benar-benar terkejut. Mereka berkata, Saya tidak percaya. Sulit dipercaya apa yang terjadi. Dan beberapa orang mengira saya sakit dan beberapa orang benar-benar mengira saya gila.