Jangan Lewatkan 3 Amalan Setelah Sholat Subuh Bertabur Pahala

Senin, 05 Desember 2022 - 19:47 WIB
loading...
Jangan Lewatkan 3 Amalan Setelah Sholat Subuh Bertabur Pahala
Setelah menunaikan sholat Subuh jangan tidur lagi, tetapi manfaatkan waktu tersebut mengerjakan beberapa amalan. Foto/Ist
A A A
Waktu Subuh adalah waktu yang sangat diberkahi. Ada tiga amalan setelah sholat Subuh yang sayang bila dilewatkan umat muslim.

Setelah menunaikan sholat Subuh jangan tidur lagi, tetapi manfaatkan waktu tersebut mengerjakan beberapa amalan. Beberapa amalan setelah sholat Subuh ini memiliki keutamaan besar.

Inilah 3 Amalan setelah Sholat Subuh bertabur pahala:

1. Membaca Dzikir Ini 10 Kali Setelah Sholat Subuh
Dzikir setelah sholat fardhu sangat dianjurkan sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur'an: "Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang." (QS Al-Ahzab ayat 41-42)

Bacaannya Dzikir adalah sebagai berikut sebanyak 10 kali:

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ, لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ, يحيي ويميت, وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Laa ilaha illallahu wahdahu laa Syarika lah, Lahul Mulku wa Lahul hamdu, Yuhyii wa Yumiitu, wa Huwa 'ala Kulli Syai-in Qodiir.

Artinya: "Tiada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan dan segala pujian. Dialah yang menghidupkan dan mematikan, dan Dialah Yang Maha Berkuasa atas segala sesuatu."

Abu Dzar radhiyallahu 'anhu berkata sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang membaca selepas sholat Subuh, dalam keadaan kakinya masih seperti tasyahud akhir, sebelum berkata-kata sebanyak 10 kali, ditulis baginya 10 kebaikan, dihapuskan daripadanya 10 kejahatan (dosa), diangkatkan baginya 10 darjat (kedudukan), dan dia pada hari itu terjaga daripada segala perkara yang dibenci, terbentang daripada setan, serta tidak ada suatu dosa yang dapat membinasakannya pada hari itu kecuali syirik (menyekutukan) Allah."

2. Membaca Wirid dan Doa Pagi
Selain dzikir di atas, umat muslim juga dianjurkan membaca dzikir dan wirid setelah Sholat Subuh. Dalam Kitab 'Jamiul Ulum wal Hikam Ibnu Rajab':

الحَدِيْثُ الخَمْسُوْنَ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ بُسْرٍ قَالَ : أَتَى النَّبِيَّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – رَجُلٌ ، فَقَالَ : يَا رَسُوْلَ اللهِ إنَّ شَرَائِعَ الإِسْلاَمِ قَدْ كَثُرَتْ عَلَيْنَا ، فَبَابٌ نَتَمَسَّكُ بِهِ جاَمِعٌ ؟ قال : (( لاَ يَزالُ لِسَانُكَ رَطْباً مِنْ ذِكْرِ اللهِ – عَزَّ وَجَلَّ – )) خَرَّجَهُ الإِمَامُ أَحْمَدُ بِهَذَا اللَّفْظِ

"Dari Abdullah bin Busr radhiyallahu 'anhu bahwa ada seorang lelaki berkata, 'Wahai Rasulullah, sesungguhnya syariat Islam (amalan sunnah) itu amat banyak yang mesti kami jalankan. Maka mana yang mesti kami pegang (setelah menunaikan yang wajib, pen)?' Beliau menjawab, 'Hendaklah lisanmu selalu basah dengan berzikir kepada Allah (maksudnya terus-menerus berdzikir kepada Allah)." (HR Ahmad, Tirmidzi Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Al Hakim)

Di antara zikir dan doa yang disyariatkan bagi seorang Muslim dalam sehari semalam adalah zikir pagi dan petang. Bahkan, ini merupakan zikir yang terikat dengan waktu yang paling banyak disebutkan dalam dalil-dalil.

3. Mengerjakan Sholat Isyraq
Setelah menunaikan Sholat Subuh, umat muslim dianjurkan tetap duduk di masjid berdoa dan berdzikir hingga tiba waktu syuruq (matahari terbit). Tunggu 10-15 menit kemudian kerjakan sholat sunnah Isyraq 2 rakaat.

Disebutkan dalam Kitab Riyadhus Sholihin:

وَعَنْ جَابِرٍ بْنِ سَمُرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – ، قَالَ : كَانَ النبيُّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – إِذَا صَلَّى الفَجْرَ تَرَبَّعَ في مَجْلِسِهِ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ حَسْنَاء . حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ ، رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ وَغَيْرُهُ بِأَسَانِيْدَ صَحِيْحَةٍ

"Dari Jabir bin Samurah radhiyallahu 'anhuma, ia berkata Nabi Shollallahu 'alaihi wasallam itu apabila telah melakukan Sholat Subuh, beliau duduk bersila di tempat duduknya sampai terbitnya matahari yang putih indah sinarnya'." (HR Abu Dawud, Muslim Abu Dawud)

Adapun fadhilah sholat Israq diterangkan dalam hadis dari Abu Umamah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa yang mengerjakan sholat Subuh dengan berjamaah di masjid, lalu dia tetap berdiam di masjid sampai melaksanakan sholat Isyraq (merupakan bagian dari sholat Dhuha), maka ia seperti mendapat pahala orang yang berhaji atau berumrah secara sempurna." (HR ath-Thabrani)

Itulah 3 amalan setelah sholat Subuh yang memiliki keutamaan dan pahala besar. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Doa dan Dzikir Setelah Sholat Subuh Lengkap Terjemahan
(rhs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3737 seconds (11.97#12.26)