Tausiyah Singkat Penyejuk Hati, Dunia Hanya Sementara

Senin, 26 Desember 2022 - 23:17 WIB
loading...
Tausiyah Singkat Penyejuk Hati, Dunia Hanya Sementara
KH Ahmad Syahrin Thoriq, Dai lulusan Al-Azhar Mesir yang juga pengasuh Ponpes Subuluna Bontang Kalimantan Timur. Foto/Ist
A A A
Ada kalanya kita merenung sejenak untuk mentadabburi makna kehidupan. Mungkin di antara kita ada yang sibuk mengejar dunia dan berlomba-lomba mencari kedudukan. Lupa dengan hakikat dan tujuan hidup yang sesungguhnya.

KH Ahmad Syahrin Thoriq menyampaikan satu tausiyah singkat namun sarat dengan hikmah. Tausiyah ini dinukil dari untaian nasihat ulama Syria, Syaikh Ratib an-Nablusi. Semoga menjadi penyejuk hati sekaligus motivasi untuk kita.

نحن لسنا السكان الأصليين لهذا الكوكب (الأرض) بل نحن ننتمي إلى ( الجنّة ) حيث كان أبـونا آدم يسكن في البداية لكننا نزلنا هنا مؤقتاً لكي نؤدّي اختبارا قصيرا ثم نرجع بسرعة ..

"Kita bukanlah penduduk asli planet bumi ini. Akan tetapi kita berharap bisa kembali ke surga, di mana ayah kita Adam, awalnya tinggal di sana. Kita hanya singgah sebentar di sini untuk diuji sementara, lalu segera kembali ke sana."

فحاول أن تعمل ما بوسعك للحاق بقافلة الصالحين التي ستعود إلى وطننا الجميل الواسع ولاتضع وقتك في هذا الكوكب الصغير

"Berusahalah berjuang sekuat tenagamu untuk menyusul kafilah orang-orang shalih, yang akan kembali ke tempat kita yang indah nan luas itu. Jangan sampai di planet yang kecil ini justru terbuang sia-sia umurmu."

الفراق: ليس السفر ولا فراق الحب حتى الموت ليس فراقا سنجتمع في الآخرة

"Perpisahan yang sesungguhnya bukanlah bepergian, bukan pula putus percintaan, bahkan bukan pula kematian. Karena kita masih akan bisa bertemu lagi di Akhirat."

الفراق هو: أن يكون أحدنا في الجنة والآخر في النار

"Perpisahan yang sesungguhnya adalah ketika seseorang di antara kita masuk ke dalam surga, sedang yang lainnya terjungkal ke neraka."

والحياة ما هي إلا قصة قصيرة من تراب . على تراب . إلى تراب ثم حساب فثواب أو عقاب

"Kehidupan ini hanyalah kisah singkat. Dari tanah, di atas tanah, dan kembali lagi ke tanah. Setelah itu kita akan dihisab, lalu mendapat pahala, atau ditimpa siksa."

فعش حياتك لله - تكن أسعد خلق الله

"Hiduplah untuk Allah, maka kamu akan menjadi makhluk-Nya yang paling bahagia."

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1310 seconds (0.1#10.140)