Ini Mengapa Byzantium dan Persia Takluk dengan Kekhalifahan Islam

Jum'at, 30 Desember 2022 - 09:00 WIB
loading...
A A A
Pandangan-dunia yang timbul pada masa kekhalifahan sangat dipengaruhi oleh agama. Sementara para pemerintah tergantung pada bala tentara mereka, Islam memberikan kerangka ideologis bagi negara dan masyarakat, sumber legitimasi dan wewenang. Bagaimanapun sifat pemerintah atau dengan cara apa ia berkuasa, semuanya mengusahakan legitimasi dalam kekhalifahannya sebagai pengganti Nabi, sebagai "pemimpin kaum mukmin," yang tugasnya adalah melindungi dan menyebarkan agama dan mengupayakan agar masyarakat diatur dengan hukum Tuhan.

Dunia dibagi ke dalam wilayah-wilayah Islam (dar Al-Islam, negara perdamaian) dan dunia non-Islam (dar al-harb, negara peperangan). Kewarganegaraan, pajak, dan masalah-masalah peperangan dan perdamaian ditentukan oleh keputusan agama.

Kaum Muslim merupakan warga negara sepenuhnya dan membayar pajak, sedangkan orang-orang Yahudi dan Kristen (Ahlul Kitab) dianggap sebagai "orang-orang yang dilindungi" dan membayar pajak kepala, sebagai balasan atas perlindungan yang diberikan kepada mereka oleh kemiliteran Islam.

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5305 seconds (0.1#10.140)