Perbedaan Barakallah dan Tabarakallah yang Jarang Diketahui

Jum'at, 30 Desember 2022 - 17:12 WIB
loading...
Perbedaan Barakallah dan Tabarakallah yang Jarang Diketahui
Kalimat Tabarakallah dan Barakallah sering dikira sama, padahal keduanya memiliki arti berbeda. Tabarakallah artinya Allah pemilik keberkahan yang digunakan sebagai ungkapan ketakjuban. Foto/dok pngtree
A A A
Banyak orang mengira kalimat Barakallah (بَارَكَ اللَّهُ) dengan Tabarakallah (تَبَارَكَ اللهُ) itu sama. Padahal kedua kalimat tersebut memiliki arti dan makna yang berbeda.

Bahkan sering kita dengar kalimat "Barakallah" atau "Tabarakallah" diucapkan tidak pada tempatnya. Ya, dikira keduanya sinonim satu sama lain.

Untuk diketahui, Barakallah artinya Semoga Allah memberkahi, menjadi lafadz doa. Sedangkan Tabarakallah artinya Allah pemilik keberkahan, yang merupakan ungkapan kekaguman atau ketakjuban.

Dai lulusan Al-Azhar Mesir, Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq dalam satu kajiannya menjelaskan, penggunaan kalimat Barakallah yang tepat adalah saat hendak mendoakan. Sedangkan Tabarakallah diucapkan ketika kita kagum dengan keindahan ciptaan Allah. Kalimat ini bisa menjadi dzikir untuk mengingat dan mengagungkan Allah.

"Jadi kalau mau mendoakan seseorang ucapkan Barakallah, Allah Yubarik Fik dan kata semisalnya. Jika kagum maka ucapkan Tabarakallah, Tabarakarrahman, MasyaAllah atau Subhanallah," jelas Ustaz Ahmad Syahrin.

Contoh Penggunaan Kalimat:

1. Barakallah
"Barakallah, selamat ya atas kelahiran anak pertamanya."

"Masya Allah. Antum keren dapat menyelesaikan tugas dengan baik, barakallah."

2. Tabarakallah
"Tabarakallah, bagus betul suaramu."

"Masya Allah Tabarakallah, pemandangannya indah sekali."

Demikian perbedaan kalimat Barakallah (بَارَكَ اللَّهُ) dan Tabarakallah (تَبَارَكَ اللهُ) yang sering dikira sama. Semoga bermanfaat.



Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2229 seconds (0.1#10.140)