Nasihat Kepemimpinan Anwar Ibrahim yang Sarat Hikmah dan Pelajaran

Selasa, 10 Januari 2023 - 22:34 WIB
loading...
A A A
Yang menarik adalah ketika menyebutkan makna ukhuwah dalam konteks kebangsaan. Beliau menekankan bahwa secara agama umat Islam itu bersaudara "Sesungguhnya orang-orang beriman itu bersaudara." Tapi di luar ikatan keagamaan itu juga ada persaudaraan ukhuwah insaniyah (saudara semanusia).

Selain itu beliau menekankan bahwa beliau bukan anti modal (kapital). Tapi kapitalisme bukan solusi. Justeru perlu middle path (jalan tengah) dalam menyelesaikan perekonomian dunia. Kemajuan perekonomian tidak bisa dipisahkan dari konsep social justice (keadilan sosial).

Beliau mencontohkan betapa banyak rakyat kecil Malaysia yang masih susah. Bahkan lebih susah dan menderita dari apa yang beliau rasakan ketika berada di dalam penjara.

Mungkin hal lain cukup menusuk dari penyampaian Anwar Ibrahim adalah ketika menyentuh isu korupsi. Menurutnya, korupsi tidak mudah diberantas karena sudah bersifat sistemik. Korupsi menjadi prilaku yang seolah telah menjadi bagian dari sistem yang ada. Upaya memberantasnya sangat tidak mudah. Karena memang kerap berhadapan dengan kekuasaan.

Seraya bercanda beliau mengatakan: "itulah sebenarnya yang telah terjadi pada dirinya."

Demikian catatan penting dari pemaparan dahsyat dan bermutu dari Seri Dato' Dr Anwar Ibrahim. Semoga menjadi pelajaran yang baik untuk bangsa Indonesia. Khususnya mereka yang sedang mendapat cobaan amanah kekuasaan dari Allah. Aamin!
Nasihat Kepemimpinan Anwar Ibrahim yang Sarat Hikmah dan Pelajaran

Manhattan City, 9 Januari 2023

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3270 seconds (0.1#10.140)