Keutamaan, Kandungan dan Manfaat Membaca Surat Al-Jatsiyah

Sabtu, 14 Januari 2023 - 14:30 WIB
loading...
Keutamaan, Kandungan dan Manfaat Membaca Surat Al-Jatsiyah
Surat Al-Jatsiyah menceritakan kebesaran Allah dalam menciptakan langit dan bumi serta fenomena yang ada di alam semesta. Foto/SINDOnews
A A A
Surat Al-Jatsiyah memiliki keutamaan dan manfaat yang dapat diamalkan umat Islam. Surat ke 45 dalam Al-Qur'an ini terdiri 37 ayat diturunkan sesudah Surat Ad-Dukhaan (surat Makkiyyah).

Dinamai Al-Jaatsiyah (yang berlutut) diambil dari perkataan Jaatsiyah (جَاثِيَةً‌) yang terdapat pada ayat 28 surat ini. Ayat tersebut menerangkan tentang keadaan manusia pada hari Kiamat, yaitu semua manusia dikumpulkan ke hadapan mahkamah Allah. Pada hari itu semua manusia berlutut di hadapan Allah. Surat ini dinamai juga dengan Asy-Syari'ah diambil dari perkataan Syari'ah (Syari'at) yang terdapat pada ayat 18 surat ini.

Kandungan
1. Penciptaan langit dan bumi sebagai tanda kebesaran Allah.
2. Kebesaran Allah menundukkan kapal di lautan dan pergantian hari.
3. Peringatan kepada orang-orang yang mengingkari Al-Qur'an dan orang yang berdusta.
4. Penjelasan tentang keadaan manusia di Akhirat.
5. Ancaman dan azab bagi orang-orang kafir.
6. Kisah Bani Israil yang diberi nikmat namun mereka kufur.

Keutamaan dan Manfaat Surat Al-Jatsiyah
Berikut keutamaan Surat Al-Jatsiyah diterangkan dalam Tsawabul A'mal: 143. Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang membaca Surat Al-Jatsiyah, maka pahalanya, ia tidak akan melihat api neraka, tidak mendengar hembusan Jahanam dan suaranya, dan ia akan bersama denganku."

Kemudian dalam Tafsirul Burhan Juz 7: 173, disebutkan: "Barangsiapa yang membaca Surat Al-Jatsiyah, maka Allah akan menenangkan ketakutan hatinya di hari kiamat, ketika itu ia berlutut dengan aurat tertutup. Barangsiapa yang menulisnya dan membawanya, maka ia akan aman dari paksaan orang-orang yang berlaku sewenang-wenang dan juga dari penguasa. Ia akan dihormati dan dicintai oleh setiap mata manusia yang melihatnya dengan penuh penghormatan, dengan izin Allah."

Masih dalam Tafsirul Burhan Juz 7 dijelaskan: "Barangsiapa yang menulisnya (Surat Al-Jatsiyah) dan membawanya, maka ia akan aman dari godaan setan, paksaan orang yang sewenang-wenang, dihormati dan dicintai setiap orang yang melihatnya."

Dalam Al-Misbah lil Kafami: 610 disebutkan: "Barangsiapa yang membawanya (membacanya), maka ia akan aman dari segala bencana, dan ia juga terjaga dari keburukan (godaan) Jin."

Surat Al-Jatsiyah juga bermanfaat untuk meraih keberhasilan dalam urusan perniagaan atau berdagang. Amalannya yaitu dengan membaca Surat Al-Jatsiyah ayat 1-4 dadn merenungi maknanya.

Baca Juga: Keutamaan Membaca Surat Al-Mujadilah, Salah Satunya Dapat Meredakan Sakit

Wallahu A'lam
(rhs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1392 seconds (10.55#12.26)