Topik Terkait: Nikah Di Bulan Baik

  • Bulan yang Baik untuk Menikah Menurut Islam, Bulan Syawal Sangat Dianjurkan
    Muslimah
    Sabtu, 05 Maret 2022 - 18:18 WIB
    Bulan yang baik untuk menikah menurut Islam sebenarnya tidak ditentukan, karena semua bulan adalah baik asal tidak melanggar syariat. Hanya saja, ada bulan-bulan tertentu yang sangat dianjurkan dalam melaksanakan pernikahan ini.
  • Bolehkah Menikah di Bulan Dzulhijjah? Begini Penjelasannya
    Tips
    Selasa, 12 Juli 2022 - 09:33 WIB
    Bolehkah menikah di bulan Dzulhijjah? Pertanyaan ini masih banyak terjadi di kalangan umat, sehubungan keistimewaan bulan haji yang dianggap bulan baik untuk pernikahan.
  • Bulan yang Baik untuk Menikah Menurut Islam
    Muslimah
    Selasa, 12 Desember 2023 - 09:06 WIB
    Adakah bulan yang baik untuk menikah menurut Islam? Dan ternyata, dalam Islam tidak ada ketentuan dan tidak mengenal bulan baik atau bulan buruk dalam urusan pernikahan
  • Hukum Menikah di Bulan Safar, Boleh Atau Tidak? Simak Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 12 September 2022 - 19:07 WIB
    Hukum menikah di bulan Safar menurut Islam diperbolehkan bahkan ada yang berpendapat sunnah. Tidak ada masalah dalam Islam untuk melakukan akad nikah atau mengadakan pesta pernikahan di bulan safar.
  • Dasar Hukum Nikah: Lebih Baik jika Sama-Sama Mencintai
    Hikmah
    Selasa, 28 November 2023 - 14:25 WIB
    Kedua sumber inilah yang menjadi dasar atas legalisasi praktik pernikahan. Dengan demikian nikah baru dianggap sah atau tidak tergantung kepada harmonisasi nikah itu sendiri.
  • Amalan Baik di Bulan Dzulhijjah yang Pahalanya Dilipatgandakan
    Muslimah
    Rabu, 22 Juli 2020 - 06:00 WIB
    Pada bulan Dzulhijjah ini, umat muslim menjalankan ibadah haji yang termasuk rukum Islam kelima. Selain itu, segala amalan yang dilakukan di bulan Dzulhijjah juga dilipatgandakan pahalanya.
  • Benarkah Menikah di Bulan Dzulhijjah Sangat Dianjurkan?
    Muslimah
    Sabtu, 17 Juli 2021 - 12:39 WIB
    Salah satu yang dianjurkan, ketika ingin melaksanakan pernikahan adalah digelar pada bulan Dzulhijjah atau bulan yang dikenal dengan Lebaran Haji? Benarkah demikian?
  • Yang Merugi di Bulan Ramadhan, Siapa Saja Mereka?
    Muslimah
    Selasa, 20 April 2021 - 07:42 WIB
    Di bulan Ramadhan Allah berikan kepadanya nikmat yang besar, namun dia malah menjadi manusia yang celaka dalam nikmat besar yang Allah berikan kepadanya. Siapakah orang yang merugi ini?
  • Menikah di Bulan Suro, Benarkah Dilarang Atau Hanya Mitos?
    Hikmah
    Selasa, 30 November 2021 - 23:25 WIB
    Menikah di Bulan Suro bagi sebagian masyarakat Indonesia khususnya Jawa merupakan hal terlarang untuk menggelar hajatan. Benarkah dilarang atau hanya mitos?
  • 9 Peristiwa Bersejarah di Bulan Syawal yang Penting Diketahui Umat Islam
    Hikmah
    Senin, 24 April 2023 - 08:58 WIB
    Bulan Syawal 1444 Hijriah sudah kita masuki, dan ternyata banyak peristiwa bersejarah yang terjadi di bulan Istimewa ini. Peristiwa penting apa saja?
  • 6 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Anak di Luar Nikah
    Muslimah
    Sabtu, 18 September 2021 - 05:15 WIB
    Banyak pasangan muda mudi kebablasan dalam menjalin cinta. Sebagian remaja, bahkan terjerumus pada zina, hingga sang perempuan hamil. Tentu saja ini menjadi masalah karena terkait status anak setelah dilahirkan.
  • Syawal, Bulan Berkah yang Penuh Julukan
    Muslimah
    Minggu, 16 Mei 2021 - 05:50 WIB
    Setelah Ramadhan, kita memasuki bulan Syawal. Selain penuh dengan amalan, bulan Syawal ternyata juga memiliki beragam julukan, karena keistimewaaannya tersebut. Julukan apa saja?
  • Hukum Menikah di Bulan Syawal antara Mitos Jahiliyah dan Sunah Rasul
    Tausyiah
    Jum'at, 06 Mei 2022 - 20:05 WIB
    Pada zaman jahiliyah, orang-orang Arab menghindari menikah di bulan Syawal. Mereka menganggap Syawal sebagai bulan yang kurang baik. Mempelai bisa-bisa akan mengalami kesulitan.
  • Keutamaan bulan Syaban, Salah Satunya adalah Bulan Diangkatnya Amalan Manusia
    Hikmah
    Senin, 12 Februari 2024 - 10:52 WIB
    Ada banyak keutamaan bulan Syaban, yaitu bulan sebagai pintu gerbang menyambut bulan suci Ramadan Dalam kalender Islam, Syaban merupakan bulan ke-8, satubulan sebelum bulan Ramadan.
  • Pahami!  Bolehkah Membuat Perjanjian Pra Nikah Agar Tidak Poligami?
    Muslimah
    Sabtu, 26 Februari 2022 - 15:01 WIB
    Ketika akan menikah, ada kalanya pasangan calon pengantin sengaja membuat perjanjian pra nikah. Salah satu perjanjian itu, adalah meminta tidak akan melakukan poligami atau tidak mau dipoligami. Bolehkah hal tersebut dilakukan?
  • Nikah Misyar: Pendapat yang Melarang dan yang Membolehkan Sama-Sama Relevan
    Hikmah
    Rabu, 01 November 2023 - 10:11 WIB
    Ulama yang membolehkan nikah misyar mendasarkan pada hukum paling utama yakni terpenuhinya segala syarat sahnya pernikahan. Karena itulah pernikahan menjadi sah menurut agama.
  • Amalan Puasa Sunnah di Bulan Mulia
    Tips
    Minggu, 13 Juni 2021 - 10:54 WIB
    Sebagai muslim, kita juga disunnahkan untuk memperbanyak puasa sunnah di bulan haram (mulia) ini. Salah satunya, kita bisa melakukan puasa sunnah mutlak. Apa itu puasa sunnah mutlak?
  • Bacaan Khutbah Nikah Lengkap dengan Contohnya
    Tausyiah
    Rabu, 24 Maret 2021 - 22:21 WIB
    Pernikahan merupakan sunnatullah dan ibadah yang sangat dianjurkan Rasulullah. Islam mengatur bagaimana melaksanakan pernikahan sesuai Sunnah, termasuk bacaan khutbah nikah.
  • Bacaan Sighat Taklik setelah Akad Nikah
    Tips
    Selasa, 06 Februari 2024 - 13:04 WIB
    Bacaan sighat taklik setelah akad nikah yang diucapkan oleh mempelai laki-laki (suami) adalah sebagai berikut. Sighat takliq talak merupakan sebuah kebijakan khusus yang dibentuk oleh pemerinah.
  • Ini 3 Keutamaan dan Keistimewaan Menikah di Bulan Rajab
    Muslimah
    Kamis, 03 Februari 2022 - 07:35 WIB
    Bulan Rajab merupakan bulan istimewa dan memiliki banyak keutamaan dalam Islam. Salah satu keutamaannya, bagi seorang muslim dianjurkan untuk melakukan pernikahan, puasa ataupun ibadah sunnah lainya