9 Peristiwa Bulan Rajab Terpopuler, Nomor 1 Paling Agung dan Bersejarah

Sabtu, 05 Februari 2022 - 23:24 WIB
loading...
9 Peristiwa Bulan Rajab Terpopuler, Nomor 1 Paling Agung dan Bersejarah
Peristiwa-peristiwa di bulan Rajab merupakan sejarah penting yang patut diketahui umat Islam. Foto/dok assalaf.id
A A A
Peristiwa di bulan Rajab perlu diketahui umat Islam agar tidak sekali-kali melupakan sejarah. Dari 9 peristiwa besar di Bulan Rajab, ada satu peristiwa paling agung dan bersejarah.

Rajab termasuk bulan yang sangat istimewa dari 12 bulan yang ada dalam kalender Hijriyah. Bulan ketujuh Hijriyah ini tidak cuma dikenal sebagai Asyhurul Hurum (bulan-bulan haram), di dalamnya juga terdapat peristiwa penting yang erat kaitannya dengan peradaban Islam.


Dilansir dari portal islami.co dan berbagai sumber, terhitung ada sembilan peristiwa besar di bulan Rajab. Sembilan peristiwa di bulan Rajab itu antara lain:

1. Isra Mi'raj Nabi Muhammad
Isra Mi'raj Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam merupakan persitiwa paling agung yang terjadi di bulan Rajab. Sebuah perjalanan yang dilakukan Rasulullah dari Masjid al-Haram di Makkah menuju Masjid Al-Aqsha di Palestina, kemudian naik ke langit ketujuh dan menghadap Allah Ta'ala. Peristiwa ini diabadikan dalam Al-Qur'an:

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آَيَاتِنَا إِنَّه هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

"Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat." (Surat Al-Isra' ayat 1)

Peristiwa penting ini terjadi pada malam 27 Rajab pada masa kenabian. Bagi umat Islam, Isra Mi'raj selalu diperingati karena di saat itulah turun perintah sholat 5 waktu.

2. Perubahan Arah Kiblat
Peristiwa penting lainnya adalah perubahan Kiblat umat Islam dari Baitul Maqdis (Masjid al-Aqsha) ke Ka'bah di Makkah. Peristiwa ini terjadi pada pertengahan bulan Rajab, setelah Rasulullah SAW Hijrah ke Madinah. Adapun hikmah dari perpindahan arah kiblat adalah untuk menguji keimanan umat Islam dalam beribadah kepada Allah.

3. Pertempuran Kecil yang Jadi Pemicu Perang Badar
Pada bulan Rajab terjadi perang kecil antara utusan Rasulullah SAW yang dipimpin Abdullah bin Jahsy, melawan kelompok dagang kaum kafir Quraisy. Perang kecil ini menjadi pemicu terjadinya perang Badar, perang umat Islam melawan kaum kafir Makkah.

4. Perang Tabuk dan Kekalahan Romawi
Pada bulan Rajab juga terjadi perang Tabuk dengan kekalahan bangsa Romawi pada 9 Hijriyah/630 M. Dalam Perang itu, Islam mendominasi seluruh semenanjung Arab waktu itu walaupun menempuh perjalanan jauh dari Madinah ke Syam.

5. Pembebasan Kota Damaskus
Pembebasan Kota Damaskus dari kekuasaan bangsa Romawi terjadi di bulan Rajab, tepatnya Tahun 14 H/635 M. Pasukan umat Islam di bawah panglima Abu Ubaidah bin al-Jarrah dan Khalid bin Walid berhasil menaklukan Damaskus dan menguasainya.

6. Perang Yarmuk
Setahun setelah pembebasan Kota Damaskus, terjadi perang Yarmuk di bawah komando Khalid bin Walid pada hari Senin bulan Rajab Tahun 15 H/636 M. Perang ini berhasil dimenangkan kaum muslimin dan secara resmi mengakhiri kekuasaan Romawi Bizantium di Suriah.

7. Pembebasan Kota Hirrah Irak
Persitiwa berikutnya yaitu pembebasan Kkota Hirrah di Irak yang terjadi di bulan Rajab. Pembebasan ini dilakukan Khalid bin Walid sebagaimana dijelaskan Ibnu Katsir dalam Bidayah wa an-Nihayahnya.

8. Pembebasan Baitul Maqdis dari Tentara Salib
Pembebasan Baitul Maqdis dari cengkraman tentara Salib terjadi pada Tanggal 27 Rajab 583 H/2 Oktober 1187 M. Panglima perang umat Islam saat itu Shalahuddin al-Ayyub berhasil mengepung Kota Yerussalem yang selama 88 tahun dikuasai tentara salib. Adzan mulai dikumandangkan dan Sholat Jum'at pun mulai dilaksanakan kembali di Masjid al-Aqsha.

9. Runtuhnya Kesultanan Turki Utsmani
Runtuhnya Kesultanan Turki Utsmani ini terjadi pada 28 Rajab 1342 H atau 3 Maret 1924 M. Khilafah Islam dihapus oleh Musatafa Kemal Ataturk, seorang pemimpin anti-syariat Islam. Pascaruntuhnya Kesultanan Ottoman Turki, kehidupan masyarakat Turki berubah menjadi sekuler. Islam yang selama ini sebagai agama dan hukum bermasyarakat diganti dengan sistem sekuler.

Selain sembilan peristiwa tersebut, ada juga peristiwa penting yang terjadi di Bulan Rajab. Yaitu Hijrah kaum muslimin pertama kali ke Habasyah (Ethopia). Peristiwa ini terjadi di bulan Rajab tahun ke lima kenabian. Kala itu, Rasulullah memerintahkan para sahabat berhijrah ke Habasyah yang diperintah oleh seorang raja bijaksana bernama Najasyi. Hijrah itu dilakukan untuk menyelamatkan umat Islam dari gangguan kaum kafir Makkah.

Jika melihat peristiwa-peristiwa bersejarah di atas, Rajab merupakan bulan perjuangan umat Islam. Dimulai berjuang untuk patuh pada perintah Allah dan Rasul-Nya, hingga perjuangan merebut kota-kota yang dikuasai tentara Salib.

Bulan Rajab menjadi saksi atas peristiwa dan sejarah peradaban Islam di masa lalu. Bagi umat muslim tentunya perlu menjaga spirit perjuangan ini, salah satunya mengisi bulan Rajab dengan memperbanyak ibadah sebelum datangnya bulan Ramadhan.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2233 seconds (0.1#10.140)