Topik Terkait: Surat Al Alaq Ayat Alquran Yang Pertama Kali Turun

  • Surat Al Alaq: Ayat Al-Quran yang Pertama Kali Turun
    Hikmah
    Jum'at, 06 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Surat Al Alaq, ayat Al-Quran yang pertama kali turun ke bumi sekaligus menandai dimulainya periode kenabian. Gua Hira Jabal Nur menjadi saksi turunnya wahyu itu kepada Nabi Muhammad SAW.
  • Kisah Jin yang Pertama Kali Mendengar Al-Quran
    Hikmah
    Sabtu, 09 Oktober 2021 - 16:58 WIB
    Kisah Jin yang pertama kali mendengar Al-Quran mengingatkan kita kepada salah satu surat dalam Al-Quran. Allah menceritakan kisah jin yang mendengarkan bacaan Al-Quran.
  • Hukum Tajwid Surat Al Alaq Ayat 1-19 Beserta dengan Cara Bacanya
    Tips
    Rabu, 20 Desember 2023 - 13:25 WIB
    Hukum tajwid Al Alaq ayat 1-19 penting untuk dipelajari umat Islam. Sebab didalamnya terdapat banyak tajwid yang berbeda dan perlu diperhatikan saat membacanya.
  • Hukum Bacaan Surat Al Alaq 1-9, Lengkap dengan Penjelasan dan Cara Bacanya
    Tips
    Rabu, 01 November 2023 - 10:41 WIB
    Hukum bacaan surat al alaq menarik untuk diulas, karena surat ini adalah surat pertama yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril.
  • Manfaat Membaca Surat Al-Fatihah 100 Kali
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Desember 2021 - 22:29 WIB
    Ulama ahli tafsir Al-Quran asal Rembang Gus Baha (KH Ahmad Bahauddin Nursalim) menjelaskan manfaat membaca Surat Al-Fatihah 100 Kali. Berikut penjelasannya.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Khasiat Surat Al-Mudatsir untuk Mereka yang Ingin Hafal Al-Quran
    Hikmah
    Selasa, 22 Agustus 2023 - 15:50 WIB
    Barangsiapa yang rajin membacanya lalu setelah itu dia meminta kepada Allah agar memenuhi hajatnya maka hajatnya akan dipenuhi. Jika dia ingin menghafal Al-Quran maka dia dapat menghafalnya.
  • Surat Al-Mulk Ayat 14: Sanggahan Allah Terhadap Sikap Kaum Musyrik
    Hikmah
    Kamis, 24 November 2022 - 22:07 WIB
    Surat Al-Mulk ayat 14 ini merupakan lanjutan dari ayat sebelumnya yang menegaskan sanggahan Allah terhadap kaum musyrik. Ayat ini menegaskan luasnya pengetahuan Allah.
  • Ayat-Ayat Al-Quran Mengandung Kemungkinan Makna yang Tak Terbatas
    Tausyiah
    Sabtu, 22 Juli 2023 - 18:25 WIB
    Kitab Suci itu mengandung kemungkinan makna yang tak terbatas. Ia menghadirkan berbagai pemikiran dan penjelasan pada tingkat yang dasariah, eksistensi yang absolut.
  • Bacaan 2 Ayat Terakhir Surat Al-Baqarah Berikut Arti dan Fadhilahnya
    Tips
    Selasa, 01 Maret 2022 - 15:09 WIB
    Bagi umat muslim, dua ayat terakhir Surat Al-Baqarah dianjurkan sering dibaca terutama pada malam hari. Berikut fadilahnya sebagaimana disebut dalam Hadis Nabi.
  • Tafsir Surat Al-Kahfi Ayat 27 dan Ketika Kaum Musyrik Memesan Ayat Sesuai Keinginannya
    Tausyiah
    Jum'at, 01 Juli 2022 - 16:51 WIB
    Allah SWT memerintahkan Rasul-Nya agar membacakan Al-Quran yang diwahyukan kepadanya, mengamalkan isinya, menyampaikan kepada umat manusia, dan mengikuti perintah dan larangan yang tercantum di dalamnya.
  • Ayat-ayat Al Quran yang Memberi Motivasi dan Penyemangat Hidup
    Tips
    Jum'at, 24 November 2023 - 12:02 WIB
    Motivasi memiliki pengaruh yang kuat bagi seseorang untuk melakukan sesuatu atau memberikan semangat yang selalu berhasil membuat keadaan seseorang menjadi lebih baik. Dan Al-Quran pun telah menjawab kebutuhan itu dalam ayat-ayatnya.
  • Tadabbur Surat Yasin Ayat 1-17, ketika Allah Bersumpah dengan Al-Quran
    Hikmah
    Jum'at, 06 Oktober 2023 - 19:14 WIB
    Berikut ini tadabbur Surat Yasin ayat 1-17. Surat Yaasiin sedniri terdiri atas 83 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat Jin. Dinamai Yaasiin karena dimulai dengan huruf Yaasiin.
  • 5 Nama Hewan yang Diabadikan Menjadi Nama Surat Dalam Al Quran
    Muslimah
    Jum'at, 19 Maret 2021 - 08:38 WIB
    Penamaan surat yang ada dalam Al-Quran menggambarkan isi atau kandungan ayat di dalamnya. Salah satunya dinamai dengan nama-nama hewan, karena isi atau kandungan ayat di dalamnya ada kisah yang melibatkan hewan.
  • Asbabun Nuzul dan Arti Al-Quran Surat Al Maidah Ayat 48
    Tausyiah
    Jum'at, 18 November 2022 - 09:34 WIB
    Asbabun nuzul dan arti Al-Quran surat Al Maidah ayat 48 patut kita ketahui untuk mempertebal keimanan kita kepada kitab-kitab Allah SWT. Berikut penjelasannya.
  • Ayat-Ayat Al-Quran tentang Etika Perempuan Bertemu dengan Kaum Laki-Laki
    Tausyiah
    Selasa, 29 Agustus 2023 - 13:15 WIB
    Ayat-ayat al-Quran tentang etika perempuan ketika bertemu laki-laki, salah satunya menahan pandangan. Hal ini termaktub dalam firman Allah SWT dalam QS An-Nur ayat 30-31.
  • Al-Quran Surat Al Maun Lengkap Arab Latin dan Terjemahan
    Hikmah
    Sabtu, 17 Juni 2023 - 11:54 WIB
    Al-Quran Surat Al Maun lengkap Arab latin dan terjemahan berikut dapat dibaca kapan saja. Surat ini menjelaskan hakikat para pendusta agama dan mendustakan hari pembalasan.
  • Bacaan Surat Al-Ikhlas dan Kandungan Per Ayat
    Tips
    Rabu, 02 Agustus 2023 - 20:39 WIB
    Surat Al-Ikhlas termasuk surat yang sangat populer di kalangan umat Islam (golongan surat Makkiyah). Terdiri dari empat ayat, surat ini memiliki fadhilah dan manfaat luar biasa.
  • Surat yang Diutamakan Dibaca Saat Awal Ramadan
    Tips
    Sabtu, 16 Maret 2024 - 03:10 WIB
    Ayat dan surat Al Quran yang diutamakan dibaca saat awal Ramadan penting diketahui kaum muslim yang tengah menjalani puasa Ramadan. Apalagi, mengisi Ramadan dengan tadarus Al Quran sangat dianjurkan.
  • Surat Al-Baqarah Ayat 284-286 Lengkap Arab Latin dan Terjemahan
    Tips
    Selasa, 20 Juni 2023 - 22:46 WIB
    Surah Al-Baqarah ayat 284-286 lengkap Arab dan latin termasuk ayat-ayat yang agung. Siapa yang membaca 2 ayat terakhir Surat Al-Baqarah pada malam hari, maka dia akan diberikan kecukupan.
  • Keutamaan Surat Al – Waqiah yang Masyhur
    Tips
    Senin, 05 Juli 2021 - 17:06 WIB
    Keutamaan surat Al Waqiah yang paling masyhur adalah sebagai pembuka pintu rezeki. Ia juga dikenal sebagai surat penuh berkah. Keberkahannya mampu melenyapkan kemiskinan.