Topik Terkait: Kitab Suci

  • Iman kepada Kitab-Kitab Allah Berdasar Prinsip Ahlus Sunnah wal Jama’ah
    Tausyiah
    Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:43 WIB
    Membenarkan adanya kitab-kitab Allah beserta segala kandungannya baik yang berupa hidayah dan cahaya serta mengimani bahwasanya yang menurunkan Kitab-kitab itu adalah Allah.
  • Kisah Mualaf Sinead OConnor: Semua Studi Kitab Suci Mengarah ke Islam
    Dunia Islam
    Kamis, 27 Juli 2023 - 20:13 WIB
    Saya bangga telah menjadi seorang Muslimah. Ini adalah kesimpulan alami dari perjalanan teolog cerdas mana pun. Semua studi kitab suci mengarah ke Islam. Yang membuat semua kitab suci lainnya menjadi mubazir.
  • Apakah Penyembah Berhala Termasuk Ahl Al-Kitab? Begini Penjelasan Quraish Shihab
    Tausyiah
    Selasa, 02 Januari 2024 - 11:38 WIB
    Pandangan yang menyatakan bahwa selain orang Yahudi dan Nasrani, penyembah berhala non-Arab dan sebagainya, walaupun tidak termasuk dalam kategori Ahl Al-Kitab, tetap dapat diperlakukan sama dengan Ahl Al-Kitab.
  • Al-Muwattha Kitab Hadis Pertama dalam Islam, Ini Alasan Pemberian Namanya
    Hikmah
    Rabu, 04 Januari 2023 - 17:22 WIB
    Al-Muwattha merupakan kitab Hadis yang masyhur dalam khazanah Islam. Kitab Imam Malik ini merupakan kitab Hadis pertama di antara 9 kitab Hadis paling populer.
  • Perbedaan Hukum Menikah dengan Orang Ahli Kitab dan Musyrik
    Tips
    Selasa, 24 Januari 2023 - 09:22 WIB
    Apa perbedaan hukum menikah dengan orang Ahli Kitab dan musyrik? Allah memberikan beberapa hak istimewa kepada para ahli kitab. Di antaranya, lelaki Muslim diperbolehkan menikahi wanita dari kalangan mereka.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Quraish Shihab: Sikap Al-Quran terhadap Ahl Al-Kitab Amat Positif
    Tausyiah
    Minggu, 07 Januari 2024 - 11:41 WIB
    Tidak ada halangan sedikit pun untuk menjalin kerja sama dan bantu-membantu dengan penganut Ahl Al-Kitab serta penganut agama lain, dalam bidang kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi.
  • 10 Ceramah Singkat Ramadan yang Menyentuh Hati dan Memperdalam Makna Bulan Suci
    Tips
    Kamis, 21 Maret 2024 - 14:02 WIB
    Bulan Ramadan merupakan momen yang sangat istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Di dalamnya terdapat banyak pelajaran berharga serta amalan yang dapat meningkatkan kualitas keimanan. Berikut contoh ceramah singkat tentang Ramadan.
  • Ini Alasan Mekkah Jadi Tanah Suci Hingga Hari Kiamat
    Hikmah
    Rabu, 06 Juli 2022 - 16:43 WIB
    Mekkah atau Makkah Al-Mukarramah adalah salah satu kota suci bagi umat Islam selain Kota Madinah, Arab Saudi. Berikut alasan Mekkah menjadi Tanah Suci hingga Hari Kiamat.
  • Quraish Shihab Jelaskan Istilah Lain Ahl Al-Kitab Menurut Al-Quran
    Tausyiah
    Kamis, 28 Desember 2023 - 08:42 WIB
    Selain istilah Ahl Al-Kitab, Al-Quran juga menggunakan istilah Utu Al-Kitab, Utu nashiban minal kitab, Al-Yahud, Al-Ladzina Hadu, Bani Israil, An Nashara, dan istilah lainnya.
  • Kitab Suci Agama Yahudi Sebut Israel sebagai Orang-Orang Suci
    Dunia Islam
    Rabu, 18 Oktober 2023 - 10:00 WIB
    Di dalam kitab suci agama ini memaparkan Israel sebagai orang-orang suci yang kehidupannya mencakup pengalaman di pengasingan (diaspora) dan kembali ke tanah yang dijanjikan.
  • Ahl Al-Kitab dalam Al-Quran: Kecaman Ditujukan kepada Orang Yahudi, Bukan Nasrani
    Tausyiah
    Minggu, 31 Desember 2023 - 14:12 WIB
    Kebanyakan kecaman terhadap Ahl Al-Kitab ditujukan kepada orang Yahudi, bukan kepada orang Nasrani. Ini disebabkan karena sejak semula ada perbedaan sikap di antara kedua kelompok Ahl Al-Kitab itu terhadap kaum Muslim.
  • Benarkan Membaca Kitab Suci Tanpa Tahu Artinya Bak Keledai?
    Tausyiah
    Rabu, 10 Juni 2020 - 14:40 WIB
    Al-Quran dianjurkan untuk dibaca siapa saja di antara orang-orang beriman, meski tidak mengerti artinya. Membaca Al-Quran dinilai sebagai ibadah.
  • 5 Keajaiban Al-Quran di Alam Semesta
    Hikmah
    Senin, 15 Januari 2024 - 15:11 WIB
    Berikut 5 keajaiban Al-Quran di alam semesta. Pertama, Pertemuan dua air laut yang tidak menyatu. Kedua, api di dasar laut. Ketiga, garis edar tata surya. Keempat, sungai di dasar laut. Kelima, terbentuknya air hujan.
  • Sifat dan Sikap Ahlul Kitab kepada Muslim Menurut Al-Quran
    Tausyiah
    Selasa, 18 Mei 2021 - 13:40 WIB
    Al-Quran banyak berbicara tentang sifat dan sikap Ahl Al-Kitab terhadap kaum Muslim, dan berbicara tentang keyakinan dan sekte mereka yang beraneka ragam.
  • Membakar Kitab Suci Al-Quran: Kebebasan Atau Pelecehan?
    Tausyiah
    Rabu, 25 Januari 2023 - 21:09 WIB
    Seorang politisi Swedia bernama Rasmus Paludan membakar Al-Quran. Aksi ini dilakukannya di depan Kedutaan Turki sebagai bentuk kemarahan kepada agama Islam.
  • Menjalin Hubungan dengan Ahli Kitab Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Senin, 25 Desember 2023 - 05:15 WIB
    Islam tidak melarang mengadakan hubungan baik dan keadilan dengan golongan ghairul Islam dari agama manapun, kendati dengan penyembah berhala (watsaniyyin).
  • Cara Unik ke Tanah Suci: Dari Jalan Kaki sampai Mengayuh Sepeda
    Dunia Islam
    Selasa, 09 Mei 2023 - 07:55 WIB
    Banyak cara pergi ke Tanah Suci. Hanya saja, di era modern seperti saat ini masih ada saja yang nekad jalan kaki, ada juga yang mengayuh sepeda untuk pergi haji.
  • Ramadan sebagai Bulan Paling Suci Bagi Umat Islam
    Dunia Islam
    Kamis, 30 Maret 2023 - 23:07 WIB
    Ramadan berasal dari kata Arab, Ramidah atau Ar-Ramad yang berarti panas terik dan kekeringan. Pepatah terkenal juga mengungkapkan arti Ramadan yaitu Kal Mustajeer Minar Ramadhaa Binnar.
  • Siapa Pengarang Perjanjian Lama? Begini Analisis Maurice Bucaille
    Hikmah
    Senin, 23 Oktober 2023 - 05:25 WIB
    Kata Pengantar Bibel, yaitu yang mengatakan bahwa pasal itu semua adalah karangan Tuhan, walaupun ditulis oleh orang-orang yang mendapat wahyu dari Ruhul Kudus.
  • Orientalis Ini Kupas Tuduhan Islam tentang Yahudi dan Kristen Mengorupsi Kitab Suci
    Dunia Islam
    Kamis, 12 Januari 2023 - 20:07 WIB
    Salah satu prestasi paling penting para ulama Islam masa awal adalah pengembangan ajaran pada titik pandang yang luas, dalam mana masa lampau Yahudi dan Kristen telah mengorupsi atau mengubah kitab suci mereka.