QS. Sad Ayat 23

اِنَّ هٰذَاۤ اَخِىۡ لَهٗ تِسۡعٌ وَّتِسۡعُوۡنَ نَعۡجَةً وَّلِىَ نَعۡجَةٌ وَّاحِدَةٌ فَقَالَ اَكۡفِلۡنِيۡهَا وَعَزَّنِىۡ فِى الۡخِطَابِ
Inna haazaaa akhii lahuu tis'unw wa tis'uuna na'jatanw wa liya na'jatunw waahidah; faqoola akfilniiha wa 'azzanii filkhitaab
Sesungguhnya saudaraku ini mempunyai sembilan puluh sembilan ekor kambing betina dan aku mempunyai seekor saja, lalu dia berkata, "Serahkanlah (kambingmu) itu kepadaku! Dan dia mengalahkan aku dalam perdebatan."
Juz ke-23
Tafsir
Berusaha menjelaskan duduk perkara, salah satu dari kedua orang itu mengatakan, “Sesungguhnya saudaraku ini mempunyai sembilan puluh sembilan ekor kambing betina dan aku mempunyai seekor kambing betina saja, lalu dia berkata kepadaku sambil menuntut, ‘Serahkanlah kambing betinamu itu kepadaku!’ Dan dia mengalahkan aku karena aku tidak mempunyai dalih yang kuat dalam perdebatan itu.”
Pada ayat ini Allah menjelaskan apa yang mereka jadikan perkara itu. Salah satu pihak dari mereka menerangkan bahwa saudaranya mempunyai sembilan puluh sembilan ekor kambing. Sedang ia sendiri mempunyai seekor kambing saja. Saudaranya menuntut agar menyerahkan kambing yang ia miliki. Karena saudaranya itu pandai memutarbalikkan fakta, sedang ia sendiri tidak mempunyai bukti-bukti yang kuat untuk menangkis, ia merasa dikalahkan dan harus menyerahkan kambing yang seekor itu kepada saudaranya. Itulah perkara yang mereka ajukan kepada Nabi Daud dengan maksud agar mendapat keputusan yang adil.
sumber: kemenag.go.id
Keterangan mengenai QS. Sad
Surat Shaad terdiri atas 88 ayat termasuk golongan surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat Al Qamar. Dinamai dengan Shaad karena surat ini dimulai dengan Shaad (selanjutnya lihat no. [10)). Dalam surat ini Allah bersumpah dengan Al Quran, untuk menunjukkan bahwa Al Quran itu suatu kitab yang agung dan bahwa siapa saja yang mengikutinya akan mendapat kebahagiaan dunia dan akhirat dan untuk menunjukkan bahwa Al Quran ini adalah mukjizat Nabi Muhammad s.a.w. yang menyatakan kebenarannya dan ketinggian akhlaknya.
Al Quran Surat Ali Imran Arab Saja Full Ayat 1-200
Al Quran Surat Ali Imran Arab Saja Full Ayat 1-200

Surat Ali Imran Arab saja full ayat 1-200 penting dipelajari umat Muslim. Kita dapat menjadikannya amalan bermanfaat dengan membacanya rutin.

Kisah Pasukan Amr bin Ash Mengepung Benteng Babilon, Bikin Panik Romawi
Kisah Pasukan Amr bin Ash Mengepung Benteng Babilon, Bikin Panik Romawi

Amr bin Ash mendapat berita bahwa garnisun Romawi sudah lari ke benteng Naqiyus ketika mendengar tentang kemenangan Muslimin dalam pertempuran Ain Syams.

Kisah Paceklik dan Wabah yang Menimpa Wilayah Muslim Tahun 574 H
Kisah Paceklik dan Wabah yang Menimpa Wilayah Muslim Tahun 574 H

Pada tahun ini hujan tidak turun di segenap penjuru negeri Syam, al-Jazirah, Irak, negeri-negeri al-Bakariyyah, Moshul, negeri-negeri pegunungan, Khalath, dan lain-lain. Paceklik dan musim panas menghebat.

Fungsi Pakaian Menurut Al-Quran, Salah Satunya Takwa
Fungsi Pakaian Menurut Al-Qur'an, Salah Satunya Takwa

Prof Quraish SHihab mengatakan dari sekian banyak ayat Al-Quran yang berbicara tentang pakaian, dapat ditemukan paling tidak ada empat fungsi pakaian.

Pakaian sebagai Penutup Aurat, Begini Penjelasannya
Pakaian sebagai Penutup Aurat, Begini Penjelasannya

Wahai putra putri Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepada kamu pakaian yang menutup auratmu dan juga (pakaian) bulu (untuk menjadi perhiasan), dan pakaian takwa itulah yang paling baik. (Al-Quran surat Al-Araf (7): 26)