Jamaah Tarekat Naqsabandiyah di Padang Mulai Tarawih

Senin, 15 Juni 2015 - 22:33 WIB
Jamaah Tarekat Naqsabandiyah di Padang Mulai Tarawih
Jamaah Tarekat Naqsabandiyah di Padang Mulai Tarawih
A A A
PADANG - Puluhan jamaah Tarekat Naqsabandiyah di Kota Padang sudah melaksanakan salat tarawih pada Senin malam ini (15/6/2015).

Satu persatu para jamaah ini mendatangi Masjid Baitul Makmur di Kelurahan Binuang Kampuang Dalam, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat untuk melaksanakan salat tarawih bersama.

Sehingga Jamaah Naqsabandiyah menetapan bahwa 1 Ramadan jatuh pada hari Selasa besok 16 Juni 2015.

Ustaz Naqsabandiyah Safry Malin Mudo mengatakan, ketetapan ini berdasarkan rukhiyat dan hisab yang telah mereka yakini sejak puluhan tahun lalu yang diturunkan oleh ulama-ulama Naqsabandiyah.

"Hisab adalah dengan menghitung jumlah hari berdasarkan jatuhnya Ramadan pada tahun lalu. Sedangkan Rukiyat yakni dengan melihat bulan dengan mata telanjang sehingga berdasarkan hal ini jatuhnya 1 Ramadan pada 16 Juni besok, " ungkapnya, Senin (15/6/2015).

Menurut Safry, Jamaah Tarekat Naqsabandiyah di Sumatera Barat diperkirakan mencapai lebih dari 10.000 orang.

Selain di Sumatera Barat Tarekat Naqsabandiyah juga berkembang dan menyebar di Jambi, Riau, Bengkulu, Sumatra Selatan dan Aceh. Selain itu juga berkembang hingga ke negara tetangga Malaysia.

"Dengan jatuhnya 1 Ramadan pada 16 Juni para Jamaah Tarekat Naqsabandiyah sudah mulai melaksanakan puasa pada hari Selasa besok selama 30 hari, " tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6441 seconds (0.1#10.140)