NU Malang Gelar Rukyatul Hilal di Pantai Ngliyep

Selasa, 16 Juni 2015 - 13:22 WIB
NU Malang Gelar Rukyatul Hilal di Pantai Ngliyep
NU Malang Gelar Rukyatul Hilal di Pantai Ngliyep
A A A
MALANG - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Malang menyiapkan rukyatul hilal atau mengamati bulan untuk menentukan awal bulan puasa, Selasa (16/6/2015), di Pantai Ngliyep, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

"Nanti sore kita berangkat pukul 15.00 WIB, semua persiapan sudah dilakukan," ujar wakil Sekretaris PCNU Kabupaten Malang, Imron Rosyadi Syarif, Selasa (16/6/2015).

Menurutnya, jika dalam rukyatul hilal nanti bulan bisa terlihat, maka Rabu 17 Juni 2015 besok masyarakat muslim bisa melaksanakan ibadah puasa.

Selain di pantai Ngliyep, katanya, NU Jawa Timur juga melakukan rukyatul hilal di Pantai Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Lembaga Falakiyah NU Malang juga bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Malang, MUI, TNI AU, dan lembaga lainnya dalam melakukan rukyatul hilal ini.

Metode rukyatul hilal ini memang menjadi metode penentuan awal bulan bagi kaum Nahdliyin terutama penentuan awal bulan puasa dan syawal. "Kalau nanti terlihat bulan maka besok bisa puasa, kemungkinan itu ada," pungkas Imron.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7010 seconds (0.1#10.140)