Marhaban Ya Syahru Siyam, Ini 15 Keutamaan Ramadhan dan Dalilnya

loading...
Marhaban Ya Syahru Siyam, Ini 15 Keutamaan Ramadhan dan Dalilnya
Ramadhan begitu istimewa karena banyak keutamaan yang tidak dimiliki bulan-bulan lainnya. Foto/dok SINDOnews
Marhaban Yaa Ramadhan, Marhaban Ya Syahru Siyam. Selamat datang wahai bulan mulia, bulan berpuasa. Ramadhan begitu istimewa karena banyak keutamaan yang tidak dimiliki bulan-bulan lainnya.

Maka sambutlah kedatangannya dengan hati gembira penuh suka cita. Dialah satu-satunya bulan yang membawa keberkahan, alangkah mulianya tamu agung itu.

Baca Juga: Sejarah dan Asal Usul Puasa Ramadhan

Umat muslim perlu mengetahui keutamaan Ramadhan yang sangat agung. Bahkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam (SAW) mengingatkan umatnya agar tidak melalaikan bulan ini.

Berikut 15 Keutamaan Bulan Ramadhan Lengkap dengan Dalilnya:

1. Bulan Diwajibkan Berpuasa 1 Bulan Penuh
Ramadhan menjadi istimewa karena di bulan ini umat muslim diwajibkan berpuasa sebulan penuh. Tujuannya tidak lain untuk menjadikan seorang muslim menjadi hamba bertakwa. Berikut firman-Nya dalam Al-Qur'an:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atasmu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelummu agar kamu bertakwa." (QS Al-Baqarah: Ayat 183)

2. Bulan Diturunkannya Kita Suci Al-Qur'an
Salah satu keutamaan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya pertama kali diturunkan Al-Qur'an pada Lailatul Qadar, yaitu malam kemuliaan. Ini terjadi pada tanggal 17 Ramadan bertepatan dengan pecahnya perang pasukan Islam dan kafir Quraisy di Badar, yang pada saat turun wahyu itu Nabi Muhammad SAW berusia 40 tahun.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيَ أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

Artinya: "Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)..." (QS Al-Baqarah: Ayat 185)

3. Penghulu Semua Bulan
Ramadhan dijuluki Sayyidusy Syuhur (Penghulu semua bulan). Keistimewaan bulan ke-9 kalender Hijriyah ini dijelaskan dalam Hadis berikut:

اَتَاكُمْ رَمَضَانُ سَيِّدُ الشُّهُوْرِ فَمَرْحَبًا بِهِ وَاَهْلاً جَاءَ شَهْرُ الصِّيَامِ بِالبَرَكَاتِ فَاكْرِمْ بِهِ مِنْ رَائِرٍ هُوَ اَتٍ

Artinya: "Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, penghulu segala bulan. Maka selamat datanglah kepadanya. Telah datang bulan shaum membawa segala rupa keberkahan. Maka alangkah mulianya tamu yang datang itu." (HR. Ath-Thabrani)

Rasulullah SAW ketika berada di penghujung bulan Syakban, selalu mengatakan kepada sahabatnya: “Penghulunya bulan adalah bulan Ramadan dan penghulunya hari adalah hari Jumat. (HR Thabraniy).

4. Terdapat Malam Lailatul Qadar
Di bulan Ramadhan ada satu malam istimewa yaitu Lailatul Qadar yang lebih baik dari 1000 bulan (QS Al-Qadar). Siapa yang beribadah di malanya, maka ia mendapat keistimewaan luar biasa sebagaimana Hadis
dari Abu Hurairah, Nabi SAW bersabda:

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ (رواه البخاري، رقم 1910، ومسلم، رقم 760 )

Arrinya: "Barangsiapa yang berdiri (menunaikan sholat) pada malam Lailatul Qadar dalam keadaan beriman dan berharap (pahala), maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR Al-Bukhari 1910, Muslim 760)

5. Diampuni Dosa-dosa yang Lalu
Keutamaan lain dari Ramadhan adalah diampuni dosa-dosa yang telah lalu. Hal ini diterangkan dalam hadis berikut:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
halaman ke-1
preload video