Ramadhan, Bulan Menjaga Lisan dan Mencuci Dosa-dosa

Selasa, 20 April 2021 - 08:05 WIB
loading...
Ramadhan, Bulan Menjaga Lisan dan Mencuci Dosa-dosa
Suasana ibadah menjelang Maghrib di Masjid Nabawi Madinah. Keramaian jamaah tetap menjaga jarak dan membatasi pergerakan. Foto Februari 2021/dok SINDOnews
A A A
Ramadhan disebut Ash-shiyam yang hakikatnya adalah Al-Imsak atau menahan. Bukan hanya menahan diri dari aktivitas makan dan minum, tetapi menahan diri dari apa yang kita ucapkan dengan lisan agar terhindar dari perkataan kotor.

Ramadhan adalah bulan iman, bulan beribadah dan bulan penuh ketakwaan. Karena itu sebaiknya manusia tidak mengotori hati dan lisannya. Sudah seharusnya kita menghilangkan sesuatu dari lisan kita yang dapat menghilangkan pahala puasa.



Inilah rahasia keberkahan Ramadhan ketika seseorang mampu menahan lisan dan membersihkan hatinya. Ramadhan akan mencuci segala dosa-dosa.

Dalam Tafsir Ar-Razi disebutkan, bulan ini dinamai dengan Ramadhan dikarenakan membakar dosa-dosa, yaitu membakar dosa-dosa itu dengan amal-amal saleh.

"Setelah Allah mempertemukan kita dengan bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, maka kesempatan emas bagi kita untuk memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya," kata Habib Quraisy Baharun dalam satu tausiyahnya.

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

...وَرَغِمَ أَنْفُ رَجُلٍ دَخَلَ عَلَيْهِ رَمَضَانُ ثُمَّ انْسَلَخَ قَبْلَ أَنْ يُغْفَرَ لَه ..
رواه الترمذي ورواه البخاري

"Dan celakalah seseorang yang kedatangan bulan Ramadhan kemudian berlalu sebelum diampuni disa-dosanya." (HR. At-Tirmidzi,Al-Bukhari)

Amal Saleh Membakar Dosa-dosa
Setiap amal saleh yang dikerjakan di bulan Ramadhan akan membakar dosa-dosa sebagaimana daun yang berguguran. Karena itu, setiap muslim dianjurkan untuk memperbanyak taubat kepada Allah. Tobat kepada Allah Ta'ala merupakan salah satu sebab turunnya rahmat dan ampunan.

Allah Ta'ala berfirman:

وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

"Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung". (QS. An-Nur: 31)

Agar dibersihkan dari segala dosa, hendaknya setiap muslim mengisi Ramadhan ini dengan amal saleh. Selain bertobat dan menjaga lisan, dianjurkan memperbanyak tilawah Qur'an, sholat malam, bersedekah dan menghidupkan sunnah-sunnah Nabi.

Semoga Allah memberikan kita kemudahan dalam beramal saleh di bulan Ramadhan. Aamin.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3498 seconds (0.1#10.140)