Bau Mulut Hilang dengan Makan Sayuran

Jum'at, 19 Juni 2015 - 16:01 WIB
Bau Mulut Hilang dengan Makan Sayuran
Bau Mulut Hilang dengan Makan Sayuran
A A A
JAKARTA - Bulan Ramadan telah datang. Seluruh umat muslim di dunia diwajibkan menunaikan ibadah puasa. Tidak hanya sebagai ibadah, puasa juga dipercaya menyimpan manfaat bagi kesehatan.

Namun sayangnya, saat berpuasa masalah bau mulut kerap datang. Di dunia medis, kondisi ini disebut dengan istilah halitosis.

Menurunnya stamina dan konsentrasi saat beraktivitas dapat menjadi salah satu pemicu timbulnya bau mulut. Namun, dr Rizal Al Idrus menjelaskan, bau mulut dapat timbut karena beberapa hal lainnya.

"Saat berpuasa terkadang kita terlalu fokus mengisi tubuh dengan nutrisi makro, seperti karbohidrat, dan lemak. Sehingga mengabaikan nutrisi mikro, seperti vitamin dan mineral. Kurangnya cairan dan perawatan gigi dan mulut, hal inilah yang memicu bau mulut tak sedap saat berpuasa," papar dr. Rizal Al Idrus di Artotel, Jakarta.

Agar tidak menggangu aktivitas, menjaga kebersihan mulut sangatlah penting. Mengonsumsi sayuran lebih banyak saat sahur dan menghindari makanan bergas dan lemak berlebih dipercaya dapat menghindari bau mulut saat puasa.

Rizal menganjurkan, untuk selalu menyikat gigi setelah sahur dan berbuka. "Untuk menyegarkan kondisi mulut selama 12 jam bisa berkumur dengan mouthwash. Jika mouthwash mengandung alkohol, akan menghasilkan gas, dan timbul lah bau naga," pungkasnya.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4739 seconds (0.1#10.140)