Daging Ayam, Cocok untuk Sahur dan Buka Puasa

Selasa, 23 Juni 2015 - 16:25 WIB
Daging Ayam, Cocok untuk Sahur dan Buka Puasa
Daging Ayam, Cocok untuk Sahur dan Buka Puasa
A A A
Ayam kerap menjadi menu andalan sebagai teman makan siang. Selain mudah diolah, ayam juga dapat disantap oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Memasuki bulan puasa, ayam juga sangat cocok untuk disantap saat sahur maupun berbuka. Berikut resep Ayam Saus Jeruk dan Madu dari AsianFood Channel.

Bahan-bahan:

3-4 sendok makan madu

Parutan kulit jeruk dari satu buah jeruk

1 cangkir jus jeruk (dari tiga buah jeruk)

2-3 sdm kecap asin

1 sdm minyak wijen

2 siung bawang putih cincang

2 sdt jahe parut

12 potong ayam drum stick

2 sdm biji wijen panggang

½ cangkir daun ketumbar cincang

Cara membuat:

Panaskan oven hingga 200 derajat celcius. Campurkan madu, jus jeruk, perutan kulit jeruk, kecap asin, minyak wijen, bawang putih, dan jahe dalam sebuah panci. Kemudian panaskan selama kurang lebih 7-10 menit hingga sedikit mengental dan berkurang setengahnya.

Panaskan minyak di dalam wajan dengan api besar. Bumbui ayam dengan garam, kemudian goreng di dalam minyak panas hingga berwarna sedikit cokelat keemasan selama 3 menit.

Letakkan ayam di nampan yang telah dilapisi kertas roti, kemudian tuangkan sebagian madu ke seluruh bagian ayam hingga terlapisi semua.

Panggang selama 40 menit, olesi ayam dengan sisa madu setiap 10-15 menit, sampai ayam benar-benar matang dan mengkilat. Keluarkan dari oven, kemudian taburi biji wijen diatasnya.

Untuk penyajian, letakkan ayam menumpuk di piring saji dan hiasi dengan daun ketumbar cincang.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2975 seconds (0.1#10.140)