Sedapnya Berbuka dengan Cendol Air Mata Pengantin

Selasa, 30 Juni 2015 - 13:47 WIB
Sedapnya Berbuka dengan Cendol Air Mata Pengantin
Sedapnya Berbuka dengan Cendol Air Mata Pengantin
A A A
PADANG - Cendol air mata pengantin selalu diburu masyarakat minang saat Ramadan. Pasalnya, cendol yang merupakan perpaduan masakan India dan Padang tersebut memang menjadi menu favorit berbuka puasa.

Nama air mata pengantin diberikan, karena cendolnya yang terbuat dari agar-agar dan biji selasih ini berbentuk lurus memanjang dan untaiannya berbentuk seperti tetesan air mata.

Cendol ini diciptakan pemiliknya sejak tahun 1980-an dan memang khusus adanya pada bulan Ramadan saja yang disajikan untuk menu berbuka.

Proses pembuatannya cukup gampang awalnya proses pembuatan kuahnya dengan merebus daun pandan, garam, vanile, gula pasir, dan santan dari kelapa yang diparut.

Setelah mendidih diberi campuran sedikit susu kental guna menambah rasa manis pada kuahnya.

Selanjutnya agar-agar bening yang telah didinginkan, diparut halus dengan bentuk memanjang yang kemudian di campur dengan biji selasih sehingga memberikan motif cantik.

cendol kemudian ditaruh ke dalam gelas dengan menambah sedikit buah kolang-kaling, lalu disiram dengan kuah dan sedikit es batu di dalamnya.

Sendol air mata pengantin pun siap disajikan untuk berbuka puasa. Untuk satu porsinya cendol ini dijual dengan harga delapan ribu rupiah.

"Takjil ini merupakan perpaduan antara masakan India dengan masakan padang, yang cocok sekali disantap dengan makanan soto Padang," ujar Ali Khan pembuat cendol pengantin.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4445 seconds (0.1#10.140)