Warga Depok Dilarang Gelar Takbir Keliling

Selasa, 14 Juli 2015 - 16:30 WIB
Warga Depok Dilarang Gelar Takbir Keliling
Warga Depok Dilarang Gelar Takbir Keliling
A A A
DEPOK - Pada malam takbiran nanti, warga Depok diimbau tidak menggelar takbir keliling. Warga diimbau menggelar takbiran di masjid atau musala saja.

"Kalau tidak ada manfaatnya lebih baik di masjid atau musala saja. Prinsipnya tidak ada larangan kalau tidak ada mudaratnya," kata Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok Dimyati Badrujaman di Polresta Depok, Selasa (13/7/2015).

Menurutnya, takbir keliling sebenarnya ada kaitannya dengan syiar agama Islam. Dengan takbir keliling maka bisa terlihat semarak keislaman. Namun kalau dampaknya bisa membawa hal yang negatif maka lebih baik tidak digelar takbir keliling.

"Lebih baik isi masjid atau musola dengan zikir. Kalau situasi dan kondisinya membawa hal negatif maka utamakan di tempat ibadah saja," ungkapnya.

Dicontohkan dia, jika takbirn keliling yang digelar dengan tertib dan difasilitasi maka boleh saja. "Kalau difasilitasi dan tidak ada mudarat ya bagus," ungkapnya.

Kapolresta Depok Kombes Pol Dwiyono mengatakan, secara umum situasi keamanan Depok kondusif. Hal itu karena adanya kerjasama dari semua elemen masyarakat di Depok. Terkait takbir keliling, pihaknya juga mengimbau agar tidak melaksakan takbir di jalan.

"Diimbau untuk warga Depok agar masyarakat melaksanakan takbiran di rumah ibadah saja," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4624 seconds (0.1#10.140)