Jumlah Pemudik Menurun, Pelabuhan Merak Sepi

Kamis, 16 Juli 2015 - 00:24 WIB
Jumlah Pemudik Menurun,...
Jumlah Pemudik Menurun, Pelabuhan Merak Sepi
A A A
CILEGON - Kondisi Pelabuhan Merak pada H-2 atau Rabu 15 Juli 2015 malam, terpantau sepi dibandingkan pada malam sebelumnya yang dipadati kendaraan pemudik.

Pantauan di Pelabuhan Merak, kantong-kantong parkir dermaga satu hingga lima tidak ada kepadatan kendaraan, sehingga proses bongkar muat berjalan dengan lancar dan cepat, dengan diatur oleh ratusan petugas keamanan pelabuhan dan kepolisian dari Polda Banten.

Sementara di loket penjualan tiket, baik pejalan kaki maupun kendaraan tidak terlihat antrean panjang, walupun pengelola sudah membuka seluruh loket mengantisipasi lonjakan penumpang.

"Jika dibandingkan tahun lalu, tahun ini jumlah pemudik yang melalui Pelabuhan Merak Banten terbilang menurun," Kata Direktur PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Indonesia, Ferry Danang S Baskoro kepada wartawan di Pelabuhan Merak Banten.

Walupun begitu, Danang mengakui pada H-3 lebaran kemarin jumlah pemudik memasuki area pelabuhan merak membludak pihaknya dapat mengatasi dengan beberapa faktor yang mendukung dengan beroperasinya kapal kapal besar dan kesiapan PT ASDP-IF Cabang Merak menyambut arus mudik 2015.

"Faktor kesiapan kapal, petugas, instansi terkait dan cuaca baik, kami berhasil seberangkan seluruh pemudik tanpa ada kendala selama perjalanan dan sampai ke Pelabuhan Bakauheni," ungkapnya.

Sementara Humas PT ASDP-IF Cabang Merak Mario S Utomo mengatakan, pihaknya belum bisa menentukan penurunan jumlah pemudik tahun ini, lantaran masih ada dua hari lagi menjelang Lebaran.

"Saya khawatirkan banyak pemudik yang melakukan perjalanan pada malam takbir," katanya

Untuk data pada H-2, lanjut mario, sekarang masih dalam proses penghitungan petugas, padahal Posko Terpadu di Pelabuhan merak merilis data pada pukul 20.00 WIB, namun hingga pukul 00.00 WIB belum ada jumlah penumpang yang sudah diseberangkan.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1081 seconds (0.1#10.140)