Pesantren Literasi Bareng Yatim dan Santri Takhassus

Rabu, 14 Juni 2017 - 14:50 WIB
Pesantren Literasi Bareng Yatim dan Santri Takhassus
Pesantren Literasi Bareng Yatim dan Santri Takhassus
A A A
TANGSEL - PPPA Daarul Quran menggandeng CIMB Niaga Syariah dan Living World Mall dalam menebar amal kebajikan untuk anak-anak yatim dan dhuafa. Acara yang berlangsung di Living World Mall, Tangerang Selatan, tersebut dihadiri 120 santri Pesantren Takhasus Daarul Qur'an Al Jannah dan 65 anak yatim dari tiga yayasan yang berbeda.
Santri takhassus dibagi menjadi sepuluh kelompok untuk belajar bersama cara mengatur keuangan. Para santri didampingi volunter CIMB Niaga Syariah. Santri-santri takhassus diberikan arahan oleh Sandersen dari CIMB Niaga Syariah mengenai cara meliterasi keuangan.
Santri juga dituntut untuk memprioritaskan mana yang diperlukan. Misalnya, yang dipakai sehari-hari dan yang tidak perlu. "Santri juga dapat membedakan mana yang dia inginkan dan mana yang bukan," tutur Sandersen.
Setelah mendapatkan pengarahan, santri-santri didampingi kakak-kakak CIMB Niaga Syariah melakukan salat Ashar berjamaah kemudian dilanjutkan dengan belanja bersama di Supermarket Hero. Dengan semangat santri mengikuti kakak-kakak menuju kelokasi perbelanjaan yang diperlukan.
"Jadi sebenarnya sih, yang perlu dibeli anak-anak ini yaitu barang-barang yang digunakan di pesantren seperti sabun dan yang digunakan sehari-hari gitu ya," kata Andriana.
Setiap anak mendapatkan bujet Rp300 ribu untuk belanja sesuai dengan keperluan. Mereka belanja sesuai dengan kebutuhan yang tersedia di supermarket. "Apa pun bisa dibelanjakan dimaksimalkan sebaik mungkin karena kalaupun masih ada sisa itu menjadi haknya mereka dan bisa ditabung kembali ataupun bisa digunakan untuk hal-hal positif lainnya," tambah Setiawan.
Salah satu santri takhassus Muhammad Imam Fajri merasa senang sekali bisa berbelanja di supermarket bersama dengan kakak-kakak CIMB Niaga Syariah. ”Saya di sini mau belanja susu, makanan dan sabun-sabun,” ujarnya.
Setelah lelah berbelanja anak-anak kembali ke panggung utama dilanjutkan dengan sambutn Lutfi selaku perwakilan dari pihak management Living World Mall Alam Sutera. Sebelum buka bersama anak-anak mendengarkan story telling dari Keluarga Pendongeng dan Tausiah yang disampaikan Ustaz Jaya Rukhmana. Dengan penuh antusias para santri mendengarkan cerita dan tausiyah tersebut.
Dalam gelaran ini CIMB Niaga Syariah memberikan dana kebajikan dalam kegiatan Pesantren Literasi Rp68 juta. Dana kebajikan secara simbolis diterima langsung Direktur Eksekutif PPPA Daarul Qur'an Darmawan Eko Setiyadi. Acara diakhiri dengan kegiatan foto bersama sekaligus pemberian kenang-kenangan oleh CIMB Niaga Syariah dan PPPA Daarul Qur'an kepada para santri.
Sumber: www.pppa.or.id
(aww)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5157 seconds (0.1#10.140)