44 Kebiasaan Nabi Muhammad SAW (Bagian 4 Penutup)

loading...
44 Kebiasaan Nabi Muhammad SAW (Bagian 4 Penutup)
44 Kebiasaan Nabi Muhammad SAW (Bagian 4 Penutup)
Ada banyak kebiasaan Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) yang perlu diketahui umat Islam. Sebagai utusan Allah, ucapan dan perbuatan Nabi merupakan wahyu Ilahi.

Berikut kebiasaan Nabi SAW dikutip dari Buku "Pribadi Muhammad SAW" karya Nizar Abazhah yang rujukannya bersumber langsung dari hadits-hadits Nabi: [Baca Juga: 44 Kebiasaan Nabi Muhammad SAW (Bagian 1)]

34). Jika mendapatkan sesuatu yang menyenangkan, beliau bersujud sebagai ungkapan syukur kepada Allah.

35). Jika duduk, Nabi SAW memeluk lutut dengan tangannya.



36). Nabi tidak pernah terlihat menguap dalam salat. Beliau juga tidak suka melihat orang menguap dalam salat.

37). Pagi dan sore Nabi SAW membaca doa (yang artinya), "Kami memasuki pagi dengan fitrah Islam, ikhlas, agama Nabi kami, Muhammad, dan agama bapak kami, Ibrahim, yang lurus dan pasrah serta tidak tergolong orang musyrik."

38). Nabi SAW menghindari pembicaraan yang bernada tuduhan atau menjelek-jelekkan orang.



39). Nabi SAW tidak menghadapi seseorang dengan sesuatu yang tidak menyenangkan. [Baca Juga: 44 Kebiasaan Nabi Muhammad SAW (Bagian 2)]

40). Nabi SAW mengunjungi kaum muslim yang lemah, melayat mereka yang sakit, dan ikut menyaksikan jenazah mereka yang meninggal.

41). Nabi SAW menyampaikan nasihat dan petuah kepada sahabat secara bertahap agar mereka tidak jenuh.

42). Selesai menunaikan salat subuh, Nabi SAW berbalik menghadap sahabat dan bertanya, "Apakah ada yang sakit hari ini? Jika ada, aku mau membesuknya." Jika mereka menjawab tidak ada, beliau bertanya lagi, "Adakah yang meninggal hari ini? Jika ada, aku akan ikut mengantarnya." Jika mereka menjawab tidak ada, beliau berkata, "Siapa melihat (yang sakit atau yang wafat), beri tahu aku!"

43). Jika hendak pergi dan berpisah dengan seseorang, Nabi SAW memegang tangannya dan tidak melepas sampai orang itu yang melepas tangan lebih dulu. Lalu beliau mendoakan "Selamat jalan, kutinggalkan kepada Allah agamamu, amanahmu, dan penutup amalmu."

44). Nabi SAW menerima pemberian berupa hadiah dan mendoakan supaya si pemberi mendapat balasan pahala. [Baca Juga: 44 Kebiasaan Nabi Muhammad SAW (Bagian 3)]
(rhs)
cover top ayah
وَّاِنَّ الدِّيۡنَ لوَاقِعٌ
Sesungguhnya, hari pembalasan pasti terjadi.

(QS. Az-Zariyat:6)
cover bottom ayah
preload video