Hajj Journey-8

3 Cara Memulai Ibadah Haji (Bagian 3)

loading...
3 Cara Memulai Ibadah Haji (Bagian 3)
3 Cara Memulai Ibadah Haji (Bagian 3)
Imam Shamsi Ali
Presiden Nusantara Foundation
Pembimbing haji Nusantara USA

Setelah melakukan Thawaf secara sempurna, jika itu Thawaf haji atau umrah, maka sudah pasti akan diikuti oleh rukun haji selanjutnya. Yaitu melakukan Sa'i antara sofà dan Marwa.

Sa’i berasal dari kata sa'aa-yas'aa-sa'yun yang bermakna usaha keras. Kata ini sangat erat relevansinya dengan sejarah Ibunda nabi Ismail AS, Hajar, untuk menemukan air demi menyelamatkan hidupnya dan anaknya ketika itu.

Setelah beliau ditinggal oleh Ibrahim AS di lembah yang tiada tumbuh-tumbuhan itu, Hajar harus hidup mandiri. Perbekalan seadanya yang dibawa dari Jerusalem dalam perjalanan menuju Mekah itu semakin meminim. Hingga suatu hari perbekalan itupun habis.



Tentu saja Hajar panik. Beliau menengok kiri kanan dan yang nampak hanya gunung bebatuan. Beliau berlari ke salah satu bukit terdekat karena nampak di mata beliau seperti ada air yang mengalir. Bukti itulah yang dikenal "as-Shofa". Ternyata air itu hanya bentuk fatamorgana.

Beliau membalik wajah ke arah ujung di seberang sana. Nampak juga seperti ada air yang mengalir. Beliaupun berjalan ke arah itu (Al-Marwa). Sesampainya di ujung bukit seberang itu ternyata air juga tidak ada. Yang nampak hanya fatamorgana.

Demikian beliau mengelilingi kedua ujung Bukit As-Shofa dan Al-Marwa sebanyak 7 kali. Tiba-tiba saja beliau dikagetkan oleh tangisan bayinya Ismail.



Hajar AS segera berlari ke arah anaknya itu. Dan di luar dugaannya beliau menemukan air mengalir keluar dari bawah telapak kaki sang bayi, Ismail. Saking gembiranya beliau mengumpulkan atau menampung air itu secara bergumam "zumi, zumi". Belakangan di tempat keluarnya air itu terwujud sebuah sumur yang dikenal sumur "zamzam".
halaman ke-1 dari 2
cover top ayah
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا اسۡتَعِيۡنُوۡا بِالصَّبۡرِ وَالصَّلٰوةِ ؕ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيۡنَ
Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.

(QS. Al-Baqarah:153)
cover bottom ayah
preload video