4 Tanda Seseorang Mencintai Rasulullah SAW

loading...
4 Tanda Seseorang Mencintai Rasulullah SAW
4 Tanda Seseorang Mencintai Rasulullah SAW
Mencintai Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) dan sunnahnya adalah ibadah yang paling utama. Kata ulama, wajib bagi seseorang mencintai Rasulullah SAW melebihi kecintaannya dari dirinya sendiri.

Syeikh Ahmad Al-Mishry , ulama Mesir yang kini menetap di Jakarta, mengungkapkan tanda-tanda seseorang mencintai Rasulullah SAW pada kajian Senin malam di Masjid Permata Qalbu, Perumahan Permata Mediterania, Pos Pengumben, Jakarta Barat.

Dari Abdullah bin Hisyam berkata, "Kami pernah bersama Nabi Muhammad SAW dan beliau memegang tangan Umar bin Khatthab RA, lalu Umar RA berkata, "Ya Rasulullah, sungguh engkau lebih aku cintai dari segala sesuatu kecuali terhadap diriku sendiri."

Kemudian Nabi SAW berkata, "Tidak, demi yang Jiwaku berada di tangan-Nya (imanmu belum sempurna). Tetapi aku harus lebih engkau cintai daripada dirimu sendiri." Kemudian Umar berkata, "Sekarang, demi Allah. Engkau (Rasulullah) lebih aku cintai daripada diriku sendiri." Kemudian Nabi Muhammad SAW berkata, "Saat ini pula wahai Umar, (imanmu telah sempurna)." (HR Al-Bukhari)

Rasulullah SAW
bersabda: "Salah seorang di antara kalian tidak akan beriman sampai aku lebih dia cintai daripada anaknya, orang tuanya bahkan seluruh manusia." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

4 Tanda Seseorang Mencintai Rasulullah SAW:


1. Dia akan Mengikuti Rasulullah SAW.
Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu". Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS Ali-'Imran ayat 31)

2. Senantiasa Memperbanyak Salawat.
Memperbanyak salawat khususnya di malam dan hari Jumat merupakan sunnah yang disukai para pecinta Nabi. Mereka yang banyak bersalawat berarti ia mencintai Rasulullah SAW

3. Berharap Bermimpi Bertemu dengan Beliau.

Sebelum kita merindukan Rasulullah SAW, beliau sudah merindukan kita terlebih dahulu. Dalam haditsnya, Rasulullah SAW bersabda: "Wahai Abu Bakar, aku begitu Rindu hendak bertemu dengan saudara-saudaraku. Sahabat Abu Bakar Shiddiq RA berkata: "Apakah maksudmu berkata demikian, wahai Rasulullah? Bukankah kami ini saudara-saudaramu?"



Rasulullah berkata: "Tidak, wahai Abu Bakar. Kamu semua adalah sahabat-sahabatku tetapi bukan saudara-saudaraku. Saudara-saudaraku adalah mereka yang belum pernah melihatku tetapi mereka beriman denganku dan mereka mencintaiku melebihi anak dan orang tua mereka. Mereka itu adalah saudara-saudaraku dan mereka bersama denganku. Beruntunglah mereka yang melihatku dan beriman kepadaku dan beruntung juga mereka yang beriman kepadaku sedangkan mereka tidak pernah melihatku." (HR. Muslim)

4. Mencintai Kitab yang Dibawa Rasulullah SAW.

Seseorang yang mencintai kitab yang dibawa Rasulullah berarti ia telah mencintai Rasulullah SAW. Karena itu, bertakwalah kepada Allah dan berimanlah kepada Rasulullah SAW semampunya. Kenapa mencintai Rasulullah SAW? Karena Beliau adalah kekasih Allah Ta'ala, bahkan orang kafir kebagian rahmat Beliau.
(rhs)
cover top ayah
وَلَا تَكُوۡنُوۡا كَالَّذِيۡنَ تَفَرَّقُوۡا وَاخۡتَلَفُوۡا مِنۡۢ بَعۡدِ مَا جَآءَهُمُ الۡبَيِّنٰتُ‌ؕ وَاُولٰٓٮِٕكَ لَهُمۡ عَذَابٌ عَظِيۡمٌۙ
Dan janganlah kamu menjadi seperti orang-orang yang bercerai berai dan berselisih setelah sampai kepada mereka keterangan yang jelas. Dan Mereka itulah orang-orang yang mendapat azab yang berat,

(QS. Ali 'Imran:105)
cover bottom ayah
preload video