Kisah Nabi Isa dan Enam Mukjizatnya (2)

loading...
Kisah Nabi Isa dan Enam Mukjizatnya (2)
Kisah Nabi Isa dan Enam Mukjizatnya (2)
Sebelumnya telah dijelaskan bahwa Nabi Isa 'alaihissalam (Isa Al-Masih) memiliki 6 mukjizat yang diabadikan dalam Al-Qur'an. Mukjizat itu sebagai tanda dan bukti kenabian beliau. [Baca Juga: Kisah Nabi Isa dan Enam Mukjizatnya (1)]

Adapun klaim yang menyebut Nabi Isa dibunuh ataupun disalib dibantah oleh Al-Qur'an sebagaimana dijelaskan dalam Surat An-Nisa' ayat 157. Nabi Isa tidaklah dibunuh maupun disalib oleh orang-orang kafir. Yang mereka salib adalah orang yang bentuk dan rupanya diserupakan oleh Allah Ta'ala seperti Nabi Isa. Sebagian ulama mengatakan sosok yang disalib itu adalah murid Nabi Isa yang berkhianat bernama Yudas Iskariot.

Ketika hendak dibunuh oleh kaum Yahudi, Nabi Isa diselamatkan oleh Allah Ta'ala dengan cara diangkat ke langit. Beliau ditempatkan di suatu tempat yang hanya Allah saja yang tahu. Al-Qur'an menjelaskan tentang peristiwa penyelamatan ini.

"Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat Isa kepada-Nya. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." (Surah An Nisaa':158)



Umat Islam mempercayai Nabiyullah Isa diangkat beserta jasadnya ke sisi Allah. Hal ini berdasarkan kepada peristiwa yang terjadi ketika Nabi Isa bersama kaum Hawariyyun (sahabat dan pengikut setia) berjumlah 12 orang hendak makan terakhir bersama dalam peristiwa (the last supper). Ketika itu Nabi Isa mengatakan ada salah seorang dari kaum Hawariyyun akan mengkhianatinya.

Ketika Nabi Isa bersama kaum Hawariyyun di Taman Gethsamani, Baitul Maqdis, Jerusalem. Usai makan, bertahannuth, bertaqarrub, bertasbih, dan berdoa kepada Allah, datanglah salah seorang dari kaum Hawariyyun kepada Nabi Isa yang digelari Judas Iscariot, mencoba membisikkan sesuatu kepada Nabi Isa.

Sekumpulan kecil dari tentara Rom datang dan menunggu di luar taman ingin memastikan orang pertama yang keluar dari taman itu adalah Isa Al-Masih. Namun, kuasa Allah Ta'ala kepada Rasul dan hamba pilihan-Nya, menyelamatkan Nabi Isa ke langit dan serta merta mengganti rupa Yudas persis sama wajah Nabi Isa.



Ketika tentara Rom mendapati orang yang keluar dari taman itu adalah seseorang yang mirip dengan Isa putra Maryam, mereka pun menangkapnya. Yudas yang diserupakan dengan Nabi Isa itu dibawa ke muka pengadilan dan kemudian disalib.
halaman ke-1 dari 2
cover top ayah
وَجَاوَزۡنَا بِبَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ الۡبَحۡرَ فَاَتۡبـَعَهُمۡ فِرۡعَوۡنُ وَجُنُوۡدُهٗ بَغۡيًا وَّعَدۡوًا‌ ؕ حَتّٰۤى اِذَاۤ اَدۡرَكَهُ الۡغَرَقُ قَالَ اٰمَنۡتُ اَنَّهٗ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا الَّذِىۡۤ اٰمَنَتۡ بِهٖ بَنُوۡۤا اِسۡرَآءِيۡلَ وَ اَنَا مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
Dan Kami selamatkan Bani Israil melintasi laut, kemudian Fir‘aun dan bala tentaranya mengikuti mereka, untuk menzhalimi dan menindas (mereka). Sehingga ketika Fir‘aun hampir tenggelam dia berkata, “Aku percaya bahwa tidak ada tuhan melainkan Tuhan yang dipercayai oleh Bani Israil, dan aku termasuk orang-orang Muslim (berserah diri).”

(QS. Yunus:90)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video