Doa Agar Selamat dari Kejahatan Orang Lain

Jum'at, 21 Februari 2020 - 19:28 WIB
Doa Agar Selamat dari Kejahatan Orang Lain
Doa Agar Selamat dari Kejahatan Orang Lain
A A A
Di akhir zaman ini banyak kita temui aksi-aksi kekerasan, kezaliman dan perbuatan yang dapat mengancam keselamatan. Tak sedikit orang yang menjadi korban dari perbuatan zalim sekelompok kaum atau orang-orang jahat.

Dai lulusan Yaman, Syeikh Fikri Thoriq membeberkan sebuah amalan doa agar terhindar dari kejahatan orang lain. Ini adalah doa Nabiyullah Musa 'alaihissalam (AS) yang diberitakan Nabi Muhamamd SAW kepada umatnya.

Allah Ta'ala menceritakan kisah Nabi Musa yang ketakutan dikejar oleh pembesar Mesir. sehingga Allah memberinya ilham untuk memanjatkan doa ini. Berikut kisahnya diabadikan dalam Al-Qur'an:

وَجَآءَ رَجُلٌ مِّنۡ اَقۡصَا الۡمَدِيۡنَةِ يَسۡعٰى قَالَ يٰمُوۡسٰٓى اِنَّ الۡمَلَاَ يَاۡتَمِرُوۡنَ بِكَ لِيَـقۡتُلُوۡكَ فَاخۡرُجۡ اِنِّىۡ لَـكَ مِنَ النّٰصِحِيۡنَ

"Dan seorang laki-laki datang bergegas dari ujung kota seraya berkata, 'Wahai Musa! Sesungguhnya para pembesar negeri sedang berunding tentang engkau untuk membunuhmu, maka keluarlah (dari kota ini), sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang memberi nasihat kepadamu." (Al-Qashash:20)

فَخَرَجَ مِنۡهَا خَآٮِٕفًا يَّتَرَقَّبُ‌ قَالَ رَبِّ نَجِّنِىۡ مِنَ الۡقَوۡمِ الظّٰلِمِيۡنَ

"Maka keluarlah Musa dari kota itu dengan rasa takut menunggu-menunggu dengan khawatir, dia berdoa: "Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dari orang-orang yang hendak (berbuat) zalim itu." (QS Al-Qashash: 21)

Berikut Lafaz Doanya:
رَبِّ نَجِّنِىۡ مِنَ الۡقَوۡمِ الظّٰلِمِيۡنَ


Robbi Najjinii Minal-Qoumizh-Zhalimiin.

Artinya: Ya Allah, Selamatkanlah aku dari kaum yang hendak menzalimiku.

"Kalau baca doa ini, orang lain gak akan zalimi ente. Karena doanya ada dalam Al-Qur'an," kata Syeikh Fikri ketika mengisi kajian di Masjid Raya Al-Ittihad Tebet, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Ini adalah doa yang diberitakan Allah Ta'ala dan Allah yang akan mengijabah siapa yang menggunakan doa ini. Kata Syeikh Fikri, doa yang ada di Al-Qur'an memiliki derajat nomor satu satu paling afdhol.

Apabila seseorang menerima ancaman atau akan disakiti oleh orang lain, maka dianjurkan memperbanyak doa ini. Semoga dengan berkat doa ini kita dipelihara dari segala bentuk kezaliman.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2510 seconds (0.1#10.140)