alexametrics

Bacaan Niat Puasa Sunnah Bulan Sya'ban

loading...
Bacaan Niat Puasa Sunnah Bulan Syaban
Bacaan Niat Puasa Sunnah Bulan Sya'ban
Hari ini umat Islam di dunia memasuki 1 Sya'ban 1440 Hijriyah bertepatan Kamis 26 Maret 2020. Sya'ban merupakan bulan istimewa bagi Rasulullah SAW karena ayat perintah bersalawat diturunkan di bulan ini (Al-Ahzab ayat 56). Kemudian di bulan ini amal manusia diangkat (ke langit) oleh Allah Ta'ala.

Itu sebabnya Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) menjadikannya sebagai bulan penyempurna ibadah dan mengisinya dengan berpuasa. Ummul Mukminin Sayyidah 'Aisyah radhiallahu 'anha berkata: "Aku sama sekali belum pernah melihat Rasulullah SAW berpuasa dalam satu bulan sebanyak puasa yang beliau lakukan di bulan Sya'ban, di dalamnya beliau berpuasa sebulan penuh." Dalam riwayat lain, "Beliau berpuasa di bulan Sya’ban, kecuali sedikit hari." (HR. Muslim).

Dari Usamah bin Ziyad, ia berkata, "Aku bertanya kepada Rasulullah, 'Wahai Rasulullah, Aku tidak melihatmu banyak berpuasa seperti di bulan Sya'’ban? Beliau menjawab, 'Sya’ban adalah bulan yang dilupakan manusia, letaknya antara Rajab dan Ramadhan. Di bulan itu amal manusia diangkat (ke langit) oleh Allah dan aku menyukai saat amal diangkat aku dalam keadaan berpuasa." (HR. An-Nasai).

Lafaz Niat Puasa Sya'ban:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu Shauma Ghadin 'An Adai Sunnati Sya'bana Lillaahi Ta'aalaa.



"Aku berniat puasa sunnah Sya'ban besok hari karena Allah Ta'ala."

Para ulama mengatakan, Rajab adalah bulan untuk mensucikan tubuh, bulan Sya'ban untuk mensucikan hati dan Ramadhan untuk mensucikan jiwa/ruh. Maka barangsiapa yang mensucikan tubuhnya di bulan Rajab, sucilah hatinya di bulan Sya'ban. Siapa yang mensucikan hatinya di bulan Sya'ban maka sucilah jiwa/ruhnya di bulan suci Ramadhan. (Baca Juga: Selamat Datang Sya'ban Bulannya Rasulullah, Ini Keutamaannya)
(rhs)
cover top ayah
قُلۡ هُوَ الَّذِىۡۤ اَنۡشَاَكُمۡ وَجَعَلَ لَـكُمُ السَّمۡعَ وَالۡاَبۡصَارَ وَ الۡاَفۡـــِٕدَةَ ‌ ؕ قَلِيۡلًا مَّا تَشۡكُرُوۡنَ
Katakanlah, “Dialah yang menciptakan kamu dan menjadikan pendengaran, penglihatan dan hati nurani bagi kamu. (Tetapi) sedikit sekali kamu bersyukur.”

(QS. Al-Mulk:23)
cover bottom ayah
preload video
KOMENTAR
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak