alexametrics

Khutbah yang Menggetarkan Hati, Apa Dosa Kita Hingga Terusir dari Masjid?

loading...
Syeikh Mahmud Hasanat, Dai muda Palestina menyampaikan khutbah Jumat terkait wabah Corona yang mengguncang dunia. Dengan mata berkaca-kaca, Syeikh Mahmud mengajak jamaah bermusabah atas musibah yang menimpa umat Islam dan penduduk dunia saat ini.

Berikut pesan khutbah Syeikh Mahmud yang membuat para jamaah salat Jumat menangis mendengarkan khutbahnya pada 20 Maret 2020. Video khutbah beliau kini viral di berbagai sosial media.

Apa dosa kita hingga terusir dari masjid? Sesuatu yang sangat menyedihkan hari ini adalah ketika masjid-masjid di negeri Arab dikosongkan. Apa yang pernah kita lakukan sehingga kita terusir dari masjid?



Kemarin kita sudah lihat pintu-pintu Majid Nabawi (Madinah) dikunci. Apa yang pernah kita lakukan sehingga kita terusir dari Masjid Nabawi? Apa yang pernah kita lakukan hingga kita terusir dari Masjidil Haram?

Katakan wahai sekalian manusia, apa yang pernah kita perbuat hingga kita terusir dari rumah Allah (Masjid). Mari lihat wajah kita di depan cermin meski hanya sebentar.

Bukankah kita pernah mengambil hak orang lian sebelum adanya virus Corona? Bukankan kita pernah beramai-ramai di bank riba sebelum adanya virus Corona? Hari ini kita menangis dan saling menangisi ketika masjid ditutup. Kita menangis dan saling menangisi ketika tumah-rumah Allah terkunci dari wajah-wajah kita.

Ini terkunci karena kita. Ini tidaklah terkunci kecuali karena kita. Sebelum adanya wabah ini, kita memiliki wabah kezaliman, wabah kebencian, wabah kecurangan, wabah dosa-dosa dan wabah kemaksiatan. Lihatlah mengapa, beginilah kita.

Wabah ini akan berakhir dan apakah kita akan kembali bermaksiat seperti dulu? Dan kita sama seperti sebuah syair: "Kita meminta dengan sungguh agar perahu kita yang ada di tengah lautan diselamatkan. Tetapi, ketika sampai di pantai kita kembali bermaksiat kepada-Nya."


Berikut video khutbah Syeikh Mahmud Hasanat yang diunggah Akun Youtube "Minang Bertauhid" 26 Maret 2020. Video ini bersumber dari akun الله ربى:
(rhs)
KOMENTAR
loading gif
cover top ayah
وَ مَنۡ يَّعۡمَلۡ سُوۡٓءًا اَوۡ يَظۡلِمۡ نَفۡسَهٗ ثُمَّ يَسۡتَغۡفِرِ اللّٰهَ يَجِدِ اللّٰهَ غَفُوۡرًا رَّحِيۡمًا
Dan barangsiapa berbuat kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian dia memohon ampunan kepada Allah, niscaya dia akan mendapatkan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(QS. An-Nisa:110)
cover bottom ayah
preload video