Perbaikan Jalan Demak-Grobogan dipercepat

Selasa, 31 Juli 2012 - 14:52 WIB
Perbaikan Jalan Demak-Grobogan dipercepat
Perbaikan Jalan Demak-Grobogan dipercepat
A A A
Sindonews.com - Perbaikan jalan yang menghubungkan Kabupaten Demak dengan Kabupaten Grobongan, Jawa Tengah (Jateng) dikebut siang malam agar dapat dilalui untuk jalur mudik nanti. Jalur ini dipersiapkan untuk mengurai kemacetan bila Jalan Pantura Semarang menuju Surabaya mengalami peningkatan volume kendaraan.

Para pekerja terus mengebut pembangunan jalan yang menghubungkan demak kota menuju kecamatan godong grobogan ini. Jalan sepanjang 40 kilometer tersebut menjadi jalur alternatif arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1433 Hijriyah.

Pelaksana proyek, Munawar, mengatakan para pekerja harus bekerja siang malam agar pembangunan jalur ini dapat selesai paling lambat H-10 lebaran. Akibat perbaikan jalur ini, antrean kendaraan tak terelakkan. Arus lalu lintas dari dua arah hanya dapat dilakukan pada satu lajur secara bergantian.

"Lajur satunya masih dipersiapkan untuk pengecoran. Sementara pengecoran jalan sepanjang dua kilometer dengan tinggi 30 sentimeter mulai dari Wonosalam hingga Dempet itu akan dilakukan pada malam hari," ujar Munawar menjelaskan kepada wartawan, Selasa (31/7/2012).

Munawar mengatakan selain untuk mengejar waktu hingga arus mudik nanti, pengecoran pada malam hari akan menghasilkan konstruksi jalan yang sempurna. "Adonan pasir dan semen yang basah tidak bisa langsung kering karena tak terkena teriknya matahari," tandasnya.

Meski menjadi jalur alternatif namun jalan ini diperkirakan akan padat kendaraan. Karena jalan ini menjadi poros utama yang menghubungkan jalur lingkar selatan Demak menuju Grobogan. Sehingga bila jalur pantura mengalami kemacetan maka arus lalu lintas akan dialihkan ke jalur tersebut.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4440 seconds (0.1#10.140)