Perbaikan, Jalan Pantura di Demak ditutup total

Senin, 06 Agustus 2012 - 11:17 WIB
Perbaikan, Jalan Pantura di Demak ditutup total
Perbaikan, Jalan Pantura di Demak ditutup total
A A A
Sindonews.com - Kemacetan panjang kembali terjadi di Jalan Pantura, Demak, Jawa Tengah (Jateng) akibat jalur Semarang menuju Surabaya ditutup total lantaran ada perbaikan jalan jelang mudik. Saat ini jalur tersebut sedang dilakukan pengaspalan oprit atau tanjakan dari permukaan aspal ke konstruksi cor beton.

Perbedaan ketinggian permukaan jalan setinggi 30 sentimeter di jalur Pantura, Desa Kalikondang, Kecamatan Demak Kota ini membuat kondisi jalan harus dilakukan penyambungan dengan material aspal. Sejumlah alat berat dan belasan pekerja dikerahkan agar pengaspalan berjalan cepat.

Kendati demikian, proses pengaspalan ini berjalan lambat dan mengakibatkan kemacetan hingga sekitar dua kilometer. Sebab, selama pengaspalan jalur Semarang menuju Surabaya ditutup total. Petugas polisi yang beberapa hari sebelumnya tidak tampak di lokasi perbaikan jalan, kini mulai terlihat mengatur lalu lintas.

Koordinator Pelaksana Proyek, Prajito, mengatakan untuk mengurai kemacetan, jalur Surabaya menuju Semarang diberlakukan dua arah. Semua kendaraan berat dan bertonase besar dialihkan ke jalur tersebut. Sementara kendaraan kecil dan sepeda motor dilewatkan melalui jalan alternatif.

"Pengaspalan jalan dilakukan selama tiga hari sejak Sabtu lalu. Penutupan jalur Pantura akan kembali dilakukan pada beberapa hari ke depan, karena masih ada pekerjaan serupa di jalur lingkar selatan Demak," ujar Prajito menjelaskan di lokasi perbaikan jalan, Senin (6/8/2012).

Prajito menegaskan, semua pekerjaan tidak akan menggangu arus mudik maupun arus balik lebaran nanti. Karena menurutnya, perbaikan ini akan selasai paling lambat H-10 lebaran.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7052 seconds (0.1#10.140)