27 titik kemacetan di Sumbar siap hadang pemudik

Senin, 06 Agustus 2012 - 16:02 WIB
27 titik kemacetan di Sumbar siap hadang pemudik
27 titik kemacetan di Sumbar siap hadang pemudik
A A A
Sindonews.com - Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi (Dishub Infokom) Sumatera Barat (Sumbar) merilis, ada 27 titik kemacetan yang harus diwaspadai pemudik. Sebagian besar kemacetan tersebut merupakan kawasan pasar tumpah.

Kepala Dishub Infokom Sumbar Mudrika, mengatakan ada 27 titik keramaian yang akan dilalui mudik Lebaran. Sudah dipastikan kawasan tersebut bakal terjadi kemacetan parah.

Misalnya saja di Jalan Lintas Padang - Padangpanjang - Bukittinggi - Payakumbuh, terdapat 13 titik pasar tumpah. Antara lain, kawasan Basko Grand Mall, Pasar Lubuk Buaya, Pasar Lubuk Alung, Pasar Sicincin, Kawasan Lembah Anai, Bukit Berbunga, Objek Wisata Minang Fantasi, Pasar Sayur Koto Baru, Pasar Padang Luar, Simpang Tanjung Alam, Pasar Baso dan Simpang Piladang.

Sedangkan di jalur Padang - Solok - Kiliran Jao, terdapat lima titik pasar tumpah dan pusat keramaian yang berpotensi menyebabkan kemacetan, yakni Pasar Bandar Buat, Lubuk Paraku, Panorama I dan II serta Objek Wisata Water Boom Sawahlunto.

Sementara di lintas Padang - Painan - Tapan terdapat sembilan titik pasar tumpah dan pusat keramaian yang harus diwaspadai para pemudik melintas.

“Daerah tersebut adalah Pasar Gaung, Pasar Tarusan, Pasar Surantih, Pasar Kambang, Pasar Lakitan, Pasar Sungai Tunu, Pasar Pungasan, Pasar Air Haji dan Pasar Indrapura,” ungkapnya, Senin (6/8/2012).

Mudrika meminta pengguna jalan berhati-hati saat melintas dan disarankan agar menggunakan jalur alternatif untuk menghindari terjadi penumpukan kendaraan.

“Khususnya pengguna roda dua diminta agar berhati-hati saat melintas rel kereta api,” katanya.

Di Kota Padang, perlintasan kereta api yang rawan kecekalaan berada di Jalan Hamka Tabing di depan PT Asia Biskuit, Lubuk Buaya serta di kawasan pasar usang Kabupaten Padang Pariaman.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7486 seconds (0.1#10.140)