Jelang mudik, Polda minta warga tingkatkan kewaspadaan

Rabu, 08 Agustus 2012 - 16:03 WIB
Jelang mudik, Polda minta warga tingkatkan kewaspadaan
Jelang mudik, Polda minta warga tingkatkan kewaspadaan
A A A
Sindonews.com - Polda Metro Jaya meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaannya menjelang arus mudik lebaran nanti. Pasalnya, tindak pencurian di rumah kosong terus meningkat dari tahun ke tahun.

Pada 2010, Polda Metro Jaya mencatat ada 174 tindak pencurian di rumah kosong, dan meningkat jadi 187 kasus kejahatan di rumah kosong pada 2011. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto mengatakan, angka kejahatan di rumah kosong meningkat 7 persen dari tahun sebelumnya. Untuk itu warga diminta proaktif kepada petugas keamanan lingkungan setempat.

"Kalau wilayah rawan rumah kosong itu merata, tidak tertentu kepada satu kawasan. Yang pasti, jika warga ingin mudik sebaiknya jangan meninggalkan barang-barang berharga, dan berkoordinasi dengan Binmas Polri," katanya di Jakarta, Rabu (8/8/2012).

Rikwanto menjelaskan, dari 187 peristiwa perampokan rumah kosong, pihaknya berhasil mengungkap 63 kasus. Pelaku juga biasanya sudah mengincar rumah yang akan dicuri.

Untuk itu, dirinya juga meminta kepada warga yang meninggalkan rumahnya agar dalam kondisi normal. Artinya seluruh barang elektronik harus dimatikan begitu juga listrik. "Listrik harus dipadamkan, termasuk saklar listrik dicabut, dan tidak ada dalam posisi standby. Karena saat itu bisa panas dan menjadi kebakaran. Itu juga menyusahkan warga lainnya," jelasnya.

Mengantisipasi adanya perampokan rumah kosong, polisi nantinya akan bekerja sama dengan keamanan setempat untuk melakukan patroli di kawasan rumah yang ditinggal mudik. "Kita memang lakukan pendekatan dengan berbagai pihak termasuk pengamanan di wilayah," tukasnya.
(lil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5007 seconds (0.1#10.140)