Sidak pelabuhan, KM Labobar diobok-obok

Sabtu, 11 Agustus 2012 - 13:35 WIB
Sidak pelabuhan, KM Labobar diobok-obok
Sidak pelabuhan, KM Labobar diobok-obok
A A A
Sindonews.com - Kepala Direktorat jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) Leon Muhamad melakukan isnpeksi mendadak di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (11/8/2012). Dalam inspeksi itu, Leon memeriksa seluruh kesiapan KM Labobar yang sedang sandar di dermaga.

Dalam sidak yang dilakukan Dirjen Hubla Kementerian Perhubungan Leon Muhamad dan marine inspector Ditjen Perhubungan, petugas langsung menuju KM Labobar yang sedang bersandar di dermaga.

Leon sempat memeriksa kamar penumpang kelas I hingga kelas ekonomi. Tak sampai disini, Leon juga memeriksa sekoci dan kapsul penyelamat. Kurang yakin dengan kondisi sekoci penyelamat, Leon meminta agar mesin sekoci dinyalakan. Kapal ini baru saja melakukan docking pada Juli 2011 lalu.

“Semuanya memenuhi persyaratan," jelas Leon mengenai hasil pengecekan KM Labobar yang baru dioperasikan sejak 2004.

Menurut Leon, kami memandang perlu untuk melakukan pemeriksaan peralatan keselamatan terhadap kapal-kapal yang akan melayani angkutan lebaran, khususnya kapal milik PT Pelni. Apalagi, kapal ini menjadi andalan masyarakat yang akan mudik ke wilayah timur Indonesia.

KM Labobar merupakan kapal yang sukses membawa TKI dari Jeddah Arab Saudi tahun lalu. Memiliki kapasitas sekitar 3.000 penumpang lebih. Dengan dispensasi antara 20-30 persen, KM Labobar yang akan mengakhiri perjalannya hingga Jayapura, bisa mengangkut hingga 3.900 penumpang.

Usai melakukan pengecekan peralatan keselamatan, Leon juga menyempatkan meninjau Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2012 yang lokasinya di depan terminal penumpang.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6971 seconds (0.1#10.140)