Kemenhub buka mudik kapal gratis gelombang kedua

Senin, 13 Agustus 2012 - 15:55 WIB
Kemenhub buka mudik kapal gratis gelombang kedua
Kemenhub buka mudik kapal gratis gelombang kedua
A A A
Sindonews.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali membuka fasilitas mudik gratis dengan kapal laut untuk keberangkatan kedua yaitu, pada Sabtu (18/8/2012) pekan ini atau tepatnya H-1 Lebaran.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub Bambang S Ervan mengatakan, penambahan fasilitas mudik gratis ke Pelabuhan Mas, Semarang, dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, ini sebagai meningkatnya permintaan pemudik yang tinggi.

"Untuk angkutan mudik gratis gelombang pertama pendaftarannya telah ditutup pada pekan lalu, sedangkan untuk angkutan mudik kapal gratis gelombang kedua masih dibuka hingga 17 Agustus," kata Bambang saat ditemui di Jakarta, Senin (13/8/2012).

Dia menjelaskan, dengan menggunakan kapal TNI AL yaitu KRI Banda Aceh pada H-3 atau 16 Agustus 2012 angkutan mudik gratis gelombang pertama akan diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok. Kapal tersebut akan mengangkut 1.981 orang penumpang dan 1.023 sepeda motor.

Sebagai informasi, angkutan kapal gratis ini diharapkan dapat mengurangi pemudik tujuan Jawa Tengah, dan sekitarnya yang akan menggunakan sepeda motor.

"Dengan adanya fasilitas ini, diharapkan pemudik sepeda motor akan berkurang dan sekaligus menekan tingkat kecelakaan lalu-lintas khususnya yang banyak terjadi dengan sepeda motor," tambahnya.

Bambang menambahkan, berdasarkan data dari posko pendaftaran mudik kapal gratis yang terdapat di Kantor Kemenhub, hingga hari Minggu (12/8/2012) kemarin atau pada H-7 Lebaran, jumlah calon pemudik yang telah mendaftarkan diri yaitu sebanyak 400 orang dan 200 sepeda motor.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4645 seconds (0.1#10.140)