Tidak laik jalan, 5 bus diusir dari terminal

Senin, 13 Agustus 2012 - 20:05 WIB
Tidak laik jalan, 5 bus diusir dari terminal
Tidak laik jalan, 5 bus diusir dari terminal
A A A
Sindonews.com - Tim gabungan yang terdiri Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi Banten, Dishubkominfo Kota Serang, serta jajaran anggota kepolisian dari Polda Banten, menemukan lima bus angkutan mudik yang tidak laik jalan. Kelima bus yang berada di Terminal Pakupatan, Serang, Banten, itu langsung diusir keluar terminal oleh petugas gabungan.

Dalam uji kelayakan terhadap 12 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang ada di terminal, petugas mendapati tiga bus harus menjalankan pemeriksaan ulang. Sedangkan 2 bus lainnya direkomendasikan oleh Dishub Provinsi Banten untuk diganti lantaran kondisinya sudah memprihatinkan.

Menurut Kepala Seksi Pengujian dan Pengawasan Kendaraan Dishub
Kominfo Abdul Malik, uji kelaikan ini rutin dilakukan untuk persiapan menghadapi lonjakan arus mudik. Ada pun tes kelaikan kendaraan ini akan terus dilakukan hingga H+8 Lebaran mendatang.

“Kami tidak berhenti sampai di sini, setiap bus yang masuk dan keluar Terminal Pakupatan Serang selalu dalam pengawasan kami. Hal itu untuk memastikan kendaraan yang digunakan pemudik dalam kondisi baik dan layak jalan,” terangnya, Senin (13/8/2012).

Malik menambahkan, untuk menghadapai arus mudik Lebaran tahun ini, Dishubkominfo juga menyiapkan bus angkutan cadangan yang ditempatkan di Terminal Terpadu Merak, Kota Cilegon, dan Terminal Pakupatan, Kota Serang.

Tidak hanya di Serang, puluhan bus AKAP juga diuji kelaikan kendaraannya oleh Dishubkominfo Kabupaten Pandeglang. Untuk bus AKAP sebanyak
60 unit yang diuji dan 11 di antaranya tidak lolos uji.

Sedangkan untuk AKDP dari 140 unit yang ada baru 50 unit yang diuji dan 20 unit tidak lolos uji.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Pandeglang Rahmat Sugiana mengatakan pengujian kondisi kendaraan Ini untuk memberikan rasa aman kepada pemudik yang menggunakan bus. Bila dianggap layak, kendaraan yang lolos uji langsung dipasangi strikter angkutan lebaran 2012.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7545 seconds (0.1#10.140)