Perbaikan jalan, menyebabkan kecelakaan meningkat

Selasa, 14 Agustus 2012 - 19:25 WIB
Perbaikan jalan, menyebabkan kecelakaan meningkat
Perbaikan jalan, menyebabkan kecelakaan meningkat
A A A
Sindonews.com - Belum rampungnya sejumlah ruas jalan yang dilalui pemudik di Jalur lintas utara, dan selatan Pulau Jawa ditengarai akan menjadi penyebab meningkatnya kecelakaan lalu lintas pada arus mudik, dan arus balik lebaran kali ini.

Pengamat kebijakan publik Agus Pambagyo mengatakan, tingkat kecelakaan pemudik yang menggunakan sepeda motor diperkirakan akan meningkat hingga tiga kali lipat dibanding tahun lalu. Hal ini didasari karena belum rampungnya sebagian perbaikan jalan di jalur mudik.

Dia mengungkapkan, pencairan dana APBN yang dilakukan pada Maret setiap tahunnya, mengakibatkan pekerjaan proyek perbaikan infrastruktur baru bisa dilakukan pada waktu yang bersamaan dengan musim mudik. Akibatnya, sejumlah pengerjaan jalan di jalur mudik, belum sepenuhnya selesai.

"Karena jadwalnya itu kan sistem keuangan kita turunnya Maret. Kemudian harus tender terlebih dahulu, baru dimulai pengerjaan proyeknya. Nah lebaran kan setiap tahun berubah, jadi jalan diperbaiki bukan karena menjelang lebaran, tapi kebetulan aja siklusnya," katanya di Jakarta, Selasa (14/8/2012).

Menurutnya, semua pihak untuk lebih peduli terhadap kondisi jalan untuk memelihara ketahanan konstruksi jalan, sekaligus meminimalkan angka kecelakaan jalan. "UNtuk memelihara kondisi jalan ini, tonase angkutan harus dikurangi, sistem perdagangan distribusi juga harus diperbaiki, dan mengaktifkan jembatan timbang tanpa adanya pungutan liar," ujarnya.
(lil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5800 seconds (0.1#10.140)