Arus balik sudah mulai meningkat

Sabtu, 25 Agustus 2012 - 19:50 WIB
Arus balik sudah mulai...
Arus balik sudah mulai meningkat
A A A
Sindonews.com - Arus balik pada H+6 Lebaran di sejumlah stasiun, seperti Gambir dan Senen Jakarta Pusat, terpantau mulai mengalami peningkatan. Meskipun begitu, tidak ada penumpukan penumpang yang terjadi di sejumlah kereta yang membawa pemudik tiba di Jakarta sejak Jumat 24 Agustus 2012 kemarin.

Di kedua stasiun tersebut masih dalam batas normal dan tidak sampai menimbulkan penumpukan penumpang. Hal tersebut dikarenakan pihak PT KAI telah melakukan sistim boarding pass kepada para penumpang yang berakibat tidak adanya puncak arus mudik maupun arus balik.

Wakil Kepala Stasiun Senen Udin Saepudin mengatakan, tahun ini di Stasiun Senen jumlah penumpang yang tiba maupun berangkat dalam keadaan datar dan tidak ada penumpukan ataupun puncak arus mudik maupun arus balik.

"Kalau sekarang kan jumlah penumpang itu flat ya, sehingga kami tidak ada lagi istilah puncak arus mudik maupun arus balik. Karena jumlah penumpangnya relatif stabil," katanya, kepada wartawan, di Jakarta, Sabtu (25/8/2012).

Meski begitu pihaknya tetap memaksimalkan pelayanan dan juga mengantisipasi adanya kedatangan penumpang yang tiba di Stasiun Senen. "Rata-rata jumlahnya berkisar 15.000 penumpang arus balik, itu pun karena sebelum sampai di sini kan ada juga yang turun di stasiun sebelumnya," katanya.

Mengenai adanya penumpang yang masih melakukan mudik di H+6 ini, Udin mengatakan siap melayani dan tetap menyediakan sejumlah kereta untuk membawa penumpang tersebut.

"Masih ramai penumpang arus mudik, untuk itu kami tetap menyiapkan 28 buah kereta yang siap mengantar pemudik tersebut," tambahnya.

Sementara itu Kepala Stasiun Gambir Edi Koeswoyo mengatakan, sejak H+1 hingga H+6 ini tercatat peningkatan jumlah penumpang yang datang di Stasiun Gambir. Senada dengan Udin, Edi juga mengatakan tidak ada istilah puncak arus mudik maupun balik yang terjadi di Stasiun Gambir.

"Kemarin total ada 11.191 penumpang yang datang di Stasiun Gambir. Sementara hingga pukul 17.30 WIB saja sudah ada 8.288 penumpang yang tiba di Stasiun Gambir. Diperkirakan masih ada 3.000 lagi penumpang yang datang hingga tengah malam," tambahnya.

Mengenai arus mudik yang masih tampak di Stasiun Gambir, Edi menjelaskan saat ini hingga pukul 17.45 Stasiun Gambir telah memberangkatkan 5.230 penumpang dari 19 kereta yang ada dengan sejumlah kota tujuan seperti Semarang, Solo, Surabaya, dan Bandung.

"Kami tetap menyiagakan kereta untuk mengangkut pemudik yang memang sengaja berangkat pasca Lebaran," tambahnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5136 seconds (0.1#10.140)