Otak ilustratif

Jum'at, 12 Juli 2013 - 08:23 WIB
Otak ilustratif
Otak ilustratif
A A A
Ada hal menarik yang ingin saya tanya kepada Anda? Bila saya sebut sosok Mr Bean, kira-kira apa yang muncul dalam otak Anda?! Bayangan sosok Mister Bean yang lugu dan lucu, ataukah tulisan m-i-s-t-e-r b-e-a-n yang terdiri dari susunan huruf-huruf?!

Saya menduga kebanyakan orang termasuk juga Anda akan menjawab bahwa yang terbayang adalah sosok wajah dan tubuh Mr. Bean bukan tulisannya.

Bila Anda merasa bahwa itu yang terjadi, maka sadarlah bahwa otak Anda menyukai segala sesuatu yang visual atau ilustratif.

Kalau begitu mengapa tidak kita eksplore saja anugerah Allah SWT ini?!

Semasa kecil saya suka membaca kisah Wiro Sableng. Mungkin Anda juga pernah membacanya. Bila buku kisah Wiro Sableng ada di tangan saya, dalam hitungan jam pasti sudah saya lalap habis dan saya hafal jalan kisahnya dari A sampai Z. Meskipun buku Wiro Sableng itu bukan komik yang penuh dengan gambar. Dia hanya berisikan tulisan dan susunan huruf. Namun penulisnya begitu detil menggambarkan dalam deskripsi yang unik dan asyik. Hingga bagi kawan-kawan saya yang belum membacanya, saya mampu mengungkapkan secara utuh setiap detil cerita.

Hal yang sama mungkin juga Anda alami seperti kebanyakan orang yang membaca Harry Potter, Ayat-Ayat Cinta, Laskar Pelangi dan novel lainnya.

Mereka begitu bisa mengenal sosok tokoh utama dari cerita-cerita tersebut, bahkan lebih detil daripada sosok yang divisualisasikan dalam film.

Pertanyaannya adalah: Lalu bagaimana mereka bisa menceritakan kembali kisah panjang yang mereka baca secara detail dari buku-buku tersebut padahal mereka hanya sekali saja membacanya?!

Aha.....!!! Ini dia.... kata kuncinya adalah deskripsi. Deskripsi atau penggambaran yang detil tentang sebuah kisah, latar dan tokoh membuat otak anda yang ilustratif terpancing untuk mengikuti setiap alur yang dituliskan.

Saat otak ilustratif Anda sudah 'ON' maka ia mampu menyerap dan menghafal dengan detail setiap informasi yang masuk.

Nah...., Berkaitan dengan menghafal Alquran. Teramat sering Allah SWT memberikan deskripsi detail tentang sebuah informasi. Seperti deskripsi tentang surga, neraka, kisah hidup para Nabi dan lainnya.
Deskripsi Alquran tentang itu semua teramat indah dan detail.

Saat Anda ingin menghafal Alquran dengan mudah, saran saya adalah bacalah Alquran dengan maknanya dan simak setiap deskripsi dengan membayangkan apa yang disampaikan oleh Alquran. Niscaya Anda bisa merekam dan menghafalnya dengan detail.

Cobalah bayangkan:
Ada sekelompok orang yang berwajah ceria di hari kiamat. Wajah mereka rupawan memancarkan sinar. Saat di dunia mereka senantiasa taat beribadah dan gemar melakukan kebaikan.

Mereka digiring malaikat untuk memasuki istana yang megah di puncak tertinggi. Istana yang berkilauan memamerkan kemegahan dan keindahan. Setiap penghuni dan pelayan istana surga itu senantiasa berdzikir mengingat Allah SWT.

Istana tersebut amat teduh dan damai. Mata Air yang jernih bergemericik mengalir ke seluruh istana. Sementara penghuni istana dipersilakan duduk di atas tahta megah yang didampingi oleh para pelayan-pelayan rupawan. Di sisi tahta megah tersebut terletak berbagai gelas-gelas indah berbagai rupa dan warna. Untuk mereka juga disiapkan banyak bantal yang bersusun rapi untuk tempat mereka bercanda dengan bidadari cantik jelita yang terhampar di permadani empuk selembut sutra.

Deskripsi ini terinspirasi dari surat Al-Ghasiyah 8-16. Sekarang saya minta Anda menjawab dengan jujur; apakah warna yang terlintas dalam benak Anda pada kata-kata yang saya beri huruf kapital (besar)?!

Setiap orang pasti berbeda memberikan warnanya. Kalau Anda sudah mengerti maka percayalah, otak Anda ILUSTRATIF dan menyukai DESKRIPSI.

Ustadz Bobby Herwibowo

Trainer Kauny Quantum Memory
Menghafal Alquran Semudah Tersenyum
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3894 seconds (0.1#10.140)