Bacaan minimal

Minggu, 21 Juli 2013 - 10:04 WIB
Bacaan minimal
Bacaan minimal
A A A
Bacalah Alquran dengan rutin semampunya. Bila Anda hanya mampu membaca satu halaman perhari, maka bersyukurlah atas itu. Bila Anda sudah mampu membaca satu Hizb, maka Anda termasuk orang yang diberi pertolongan untuk membacanya.

Bacalah terus menerus hingga terus meningkat dan Anda akan keranjingan karena begitu nikmatnya. Ya, Anda akan merasakan kenikmatan membaca Alquran seperti yang dirasakan oleh seorang sahabat bernama Abdullah bin Umar Ra.

Abdullah bin Umar pernah mendatangi Rasulullah SAW, kemudian ia berkata: “Wahai Rasulullah, dalam berapa (harikah) saya (sebaiknya) membaca Alquran (dengan mengkhatamkannya)?”. Nabi saw bersabda: “Dalam tiga puluh (hari)”.

Ibnu Umar berkata: “Sungguh, saya mampu melakukan lebih dari itu…!!”. Nabi SAW bersabda lagi: “(Jika demikian,) maka dalam dua puluh hari”. Ibnu Umar berkata: “Sungguh, saya memiliki kekuatan untuk melakukan hal itu”.

Nabi saw bersabda lagi: “(Jika demikian,) maka dalam sepuluh hari”. Ibnu Umar berkata: “Wahai Rasulullah, biarkanlah saya menikmati masa muda dan kekuatan yang saya miliki”.

Nabi SAW pun bersabda: “(Jika demikian,) maka dalam lima hari”. Ibnu Umar berkata: “Wahai Rasulullah, saya mampu untuk melakukan lebih dari itu…!!”. Maka, Nabi SAW pun bersabda: “(Jika demikian,) maka dalam tiga hari dan tidak ada yang lebih sedikit dari itu”. [146] [146 Diriwayatkan oleh Imam Ahmad (hadis no. 2/164)]

Hadits ini menggambarkan bahwa semestinya seorang muslim dapat mengkhatamkan Alquran satu bulan sekali. Itu berarti ia membaca satu juz per harinya. Semoga Allah SWT menolong kita semua untuk melakukannya. Namun bila itu masih sulit bagimu, maka bacalah dari Alquran semampumu!

Ustaz Bobby Herwibowo
Kauny Quantum Memory
Menghafal Alquran Semudah Tersenyum

---
Info via sms:
08388 087 087, 0813 1054 0004
@kaunyquantum
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3478 seconds (0.1#10.140)