alexametrics

Belanja kebutuhan Lebaran di Tanah Abang

loading...
Belanja kebutuhan Lebaran di Tanah Abang
Belanja kebutuhan Lebaran di Tanah Abang
Bulan Ramadan sudah berada dipertengahan, berarti semakin dekat dengan hari raya Idul Fitri atau Lebaran. Berbagai persiapan menjelang Lebaran pun dilakukan tidak terkecuali berbelanja kebutuhan pakaian untuk hari raya. Umumnya masyarakat Jakarta dan sekitar memilih pasar Tanah Abang sebagai pilihan tempat berbelanja kebutuhan pakaian pada hari raya Lebaran.

Disamping harga yang relatif lebih miring, banyak pilihan model terbaru untuk baju muslim dan juga kebutuhan perlengkapan salat seperti sarung, mukena, sajadah dan kopiah.



Meski merupakan pasar grosir, Pasar Tanah Abang saat ini sudah lebih rapi dan nyaman. Sehingga pengunjung yang datang bukan hanya dari Jabodetabek saja, akan tetapi ada berasal dari daerah dan luar negeri.

Dapat dipastikan pasar ini tidak akan pernah sepi apalagi sejak pada bulan Ramadan seperti ini. Berikut tips-tips khusus untuk belanja ke Tanah Abang yang dirangkum Sindonews dari berbagai sumber.

1. Pilih hari dan jam belanja
Disarankan, sebaiknya jangan berbelanja di hari Sabtu dan Minggu karena pastinya penuh sesak dan membuat kita tidak nyaman berbelanja. Kalau memang berniat belanja ke TanahAabang, baiknya sekitar hari Selasa-Kamis. Lagipula kalau hari Minggu banyak kios yang tutup.

Kalau memang berniat belanja, ada baiknya jam 9 sudah sampai sana atau lebih pagi lagi, agar puas belanjanya sampai tutup (sekitar jam 16.00) dan biasanya di awal buka, para pedagang mencari penglaris dengan memberikan harga terendah dengan harapan setelah pembeli pertama maka berikutnya akan banyak pembeli datang.



2. Cara menawar
Ini yang paling penting, karena ini merupakan pasar jadi tidak ada harga pas kayak di mall, menawar itu menjadi suatu keharusan kalau berniat belanja disini.

Harga yang ditawarkan biasanya tidak terlalu tinggi karena memang disini adalah pusat grosir. Berdasarkan pengalaman dari orang yang berkali-kali ke sana, jarang sekali mendapat harga lebih dari separuh dari yang ditawarkan, biasanya turun sekitar 10-50%.

3. Jenis barang
Pasar Tanah Abang sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin mencari mukena, pakaian muslim, jilbab, kain, tas, dan sepatu. Tapi tetap waspada karena untuk pakaian yang dibeli tidak grosiran cenderung lebih mahal, banyak modelnya yang seringkali membuat bingung dan pusing.

Akan tetapi, untuk barang seperti tas dan sepatu yang dijual di Tanah Abang walaupun modelnya bagus dan harga murah tapi kualitasnya masih kalah bila berbelanja di Mangga Dua. Barang disana lebih awet (dan memang lebih mahal). Kalau anda memang hobi gonta ganti model, belanja di Tanah Abang blok A bisa jadi pilihan.

Sedangkan, untuk kain lebih baik bila belanja disini, murah-murah dan barangnya bagus-bagus. Di Tanah Abang masih bisa temukan harga kain dalam kisaran Rp25 ribu sampai Rp100 ribu.

4. Jaga tas dan dompet
Ini juga penting sekali. Untuk masalah kejahatan, dimanapun berada harus tetap waspada, apalagi di pasar pengunjung tetap menjadi incaran kejahatan. Jadi berhati-hatilah bila berbelanja di Tanah Abang. Terutama bila sedang menuruni tangga eskalator.

Pastikan tidak ada orang berdiri satu tangga di belakang anda. Kalaupun ada, langsung saja jaga tas anda. Karena banyak pengalaman yang kecopetan tasnya di eskalator oleh orang yang tanpa disadari berada di belakang dia dan ternyata menyayat tas. Walhasil dompet ilang deh.

Demikian beberapa tips berbelanja menjelang Lebaran dan semoga bermanfaat. Jangan lupa, batasi uang yang akan dipakai untuk berbelanja karena masih banyak kebutuhan lain untuk hari Lebaran.
(nfl)
cover top ayah
وَمَنۡ يَّقۡتُلۡ مُؤۡمِنًا مُّتَعَمِّدًا فَجَزَآؤُهٗ جَهَـنَّمُ خَالِدًا فِيۡهَا وَغَضِبَ اللّٰهُ عَلَيۡهِ وَلَعَنَهٗ وَاَعَدَّ لَهٗ عَذَابًا عَظِيۡمًا
Dan barangsiapa membunuh seorang yang beriman dengan sengaja, maka balasannya ialah neraka Jahanam, dia kekal di dalamnya. Allah murka kepadanya, dan melaknatnya serta menyediakan azab yang besar baginya.

(QS. An-Nisa:93)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak