Tradisi qunut, bawa keuntungan buat pedagang kulit

Selasa, 23 Juli 2013 - 17:27 WIB
Tradisi qunut, bawa keuntungan buat pedagang kulit
Tradisi qunut, bawa keuntungan buat pedagang kulit
A A A
Sindonews.com - Pedagang kulit ketupat di Pasar Anyar, Kota Tangerang, kebanjiran pelanggan. Pasalnya banyak warga yang membeli kulit ketupat guna melaksanakan tradisi qunut atau kunutan yang hingga saat ini masih melekat dimasyarakat.

"Saya jualan sudah sejak kemarin, seperti biasa dihari kelima belas masyarakat banyak yang membuat ketupat untuk menyambut qunut," kata Mulya, salah seorang penjual kulit ketupat di Depok, Selasa (23/7/2013).

Mulya mengaku meraup untung berkali lipat dari hasil berdagang kulit ketupat. Ia bersama sejumlah teman lainnya setiap tahun sekali beralih profesi sebagai pedagang ketupat saat menjelang qunut dan juga Lebaran.

Rata-rata dari berjualan kulit ketupat musiman itu, mereka mengaku bisa meraup untung berkisar Rp250 ribu hingga Rp500 ribu perhari.

"Saya jual Rp5.000 untuk sepuluh kulit ketupat. Biasanya dalam sehari laku lebih dari 1.000 kulit ketupat saat qunut seperti sekarang," tuturnya.

Dikarenakan adanya perbedaan waktu pelaksanaan qunut dimasyarakat, Mulya mengaku, akan berjualan selama dua hari, sehingga masyarakat yang baru melangsungkan qunut pada esok hari masih dapat mendapatkan kulit ketupat.

Sementara itu Yati, salah seorang pembeli mengaku setiap tahunnya menyambut qunut, ia selalu menyediakan ketupat untuk keluarganya.

"Tidak seperti lebaran sih belinya banyak, kalau qunut belinya untuk buka puasa saja, sekedar menjaga tradisi," pungkasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5422 seconds (0.1#10.140)