Lingkar Gentong segera diuji coba

Selasa, 23 Juli 2013 - 18:43 WIB
Lingkar Gentong segera diuji coba
Lingkar Gentong segera diuji coba
A A A
Sindonews.com - Jalur Lingkar Gentong di Tasikmalaya, Jawa Barat, segera diuji coba untuk dijadikan sebagai rute arus mudik dan arus balik pada Lebaran tahun ini.

Kepala Dinas Bina Marga Jawa Barat M Guntoro mengatakan, tadinya uji coba Gentong dilakukan Senin 22 Juli 2013 kemarin. Tapi agenda itu gagal terlaksana.

"Kemarin tidak jadi uji coba karena Pak Menteri (PU Djoko Kirmanto) tidak hadir," ujar Guntoro di Bandung, Jawa Barat, Selasa (23/7/2013.

Karena jadwal pertama gagal, pihaknya pun sudah mengagendakan untuk melakukan uji coba. "Kalau tidak besok (Rabu 24 Juli 2013), paling lusa kita lakukan uji coba," katanya.

Uji coba sendiri diperlukan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan jalur mudik tersebut. Kemungkinan, Lingkar Gentong akan dioperasikan tahun ini untuk mengurai kemacetan pada saat arus mudik dan balik.

Sementara secara umum, Guntoro menyatakan, kesiapan jalur di Jawa Barat, khususnya jalan provinsi, bisa dipakai untuk arus mudik dan balik. Meski ada yang sedang diperbaiki, tapi akan segera bisa dipakai. "Untuk jalan provinsi, H-10 sudah bisa digunakan," tuturnya.

Guntoro menambahkan, jalan provinsi layak untuk dijadikan arus mudik dan balik. Sebab hampir semuanya mulus. Apalagi jalan provinsi mempunyai lebar rata-rata 7 meter. Rambu lalu lintas dan penerangan jalan umum juga diklaim memadai.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4994 seconds (0.1#10.140)