Cek kesehatan kurangi risiko kecelakaan

Kamis, 25 Juli 2013 - 15:04 WIB
Cek kesehatan kurangi risiko kecelakaan
Cek kesehatan kurangi risiko kecelakaan
A A A
Sindonews.com - Dirjen Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Tjandra Yoga Aditama mengatakan, untuk mengurangi risiko pasca mudik, ialah dengan pemeriksaan kesehatan selama masa arus mudik Lebaran.

Menurut Yoga, pada pengemudi umum di 11 provinsi dengan target sebanyak 4.000 pengemudi. Selain itu pemeriksaan kesehatan di tempat umum seperti restoran dan warung makan sekira tempat keberangkatan.

"Ini upaya pemerintah dalam meningkatkan kewaspadaan dini dan surveilans penyakit untuk mencegah terjadinya penyakit menular yang sering terjadi sepanjang perjalan," ucap Tjandra, saat ditemui usai pelepasan apel siaga pelayanan kesehatan mudik di kantor Kemenkes, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (25/7/2013).

Tjandra mengatakan, akan disediakan 250 paket obat-obatan, 24 tenda pos kesejtan untuk dinas kesehatan di provinsi dan kabupaten atau kota. Selain itu 500 buku informasi kesehatan mudik lebaran dan 10.000 peta mudik lebaran.

Lanjut dia, beberapa persiapan yang harus dilakukan pengemudi seperti persiapan fisik yang prima sebelum berkemudi. Hindari pengobatan yang menyebabkan kantuK dan minuman berakohol serta beristirahat yang cukup jika sudah merasa lelah.

Lanjut dia, jika masyarakat menemukan keluhan terkait kesehatan Kemenkes menyediakan Posko Hala Kemekes di pusat komunikasi publik di (kode lokal) 500567. "Maksimal empat jam setelah berkemudi, masyarakat harus sadar akan keadaan dirinya. Jangan memaksa, karena sangat berbahaya baik dirinya maupun orang lain," kata dia.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5089 seconds (0.1#10.140)