Lidah Arab fasih

Rabu, 31 Juli 2013 - 12:32 WIB
Lidah Arab fasih
Lidah Arab fasih
A A A
Jelek-jelek begini, Alhamdulillah saya bisa beberapa bahasa asing. Sempat kuliah di Al Azhar Mesir, dan beberapa kali kunjung ke luar negeri untuk urusan dakwah. Tapi meski menguasai beberapa bahasa asing, namun lidah ini belum bisa fasih seperti penduduk asli yang lahir dan tinggal di sana.

Walau sudah puluhan tahun menguasai bahasa Arab, saya takjub sekali dengan anak-anak Indonesia yang terlahir di Mesir, Saudi, dll. Meski belum sekolah, ucapan dan pengejaan bahasa Arab mereka jauh lebih fasih dari saya.

Di Eropa dan Australia juga begitu! Anak-anak Indonesia yang lahir di sana, jauh lebih fasih daripada orang tua mereka yang sudah menguasai bahasa negara itu puluhan tahun lamanya.

Apakah yang membedakan? Menurut saya sang anak belajar bahasa tersebut langsung dari penduduk lokal yang memang benar dan bagus pengucapannya. Sedangkan orang tua mereka, belajar bahasa Inggris bukan dari penduduk aslinya, namun dari guru bahasa Inggris yang tiada lain adalah orang Indonesia. Pasti saja, ucapan dan dialeknya amat berbeda.

Ini yang saya alami. 5 tahun saya studi di Mesir. Setiap tahunnya ada kontingen hafiz Alquran dari Indonesia ikut Musabaqah yang diadakan Al Azhar.

Meski suara dan lagu yang mereka bawakan amat memukau, namun belum saya dapati mereka bisa juara. Apa pasal?! Saya dengar sendiri bahwa para juri mengatakan bahwa makhraj (cara pengucapan) kontingen Indonesia tidak sesuai. Jelas saja, Alquran menggunakan bahasa Arab, sedang kita semua belajar bukan dari lidah Arab.

Anak-anak Indonesia yang terlahir di luar negeri dan berlidah fasih menurut saya persis seperti Nbi Muhammad SAW saat menerima wahyu. Mereka tidak bisa baca-tulis! Namun mereka dengarkan bahasa dengan baik sehingga pengucapan mereka pun baik!

Nah..., bila Anda ingin lancar dan fasih baca Alquran, saya sarankan Anda langsung belajar dengan Syaikh Abdurrahman As Sudais, Mishary Rasyid, Saad Al Ghamidy, dll. Bagaimana caranya...?! Saya sarankan Anda beli CD Murattal mereka. Simak dan ikuti bacaan mereka... Lakukan ini terus menerus hingga lidah Anda bisa sefasih mereka. Saya jamin Anda akan lancar dan fasih membaca Alquran.

Dimulai ya... Jangan lupa dibagikan!

Ustaz Bobby Herwibowo
Kauny Quantum Memory
Menghafal Alquran Semudah Tersenyum
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2951 seconds (0.1#10.140)