Amankan Lebaran, Kostrad TNI AD siapkan 2 Batalyon

Rabu, 31 Juli 2013 - 22:45 WIB
Amankan Lebaran, Kostrad TNI AD siapkan 2 Batalyon
Amankan Lebaran, Kostrad TNI AD siapkan 2 Batalyon
A A A
Sindonews.com - Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) TNI AD siap siaga bersama Polri dan Pemerintah mengamankan arus mudik Lebaran. Di Jakarta, Kostrad TNI AD menyiapkan dua batalyon dan satu brigade pasukan untuk mengamankan selama Ramadan dan juga menjelang arus mudik Lebaran.

Hal itu ditegaskan Pangkostrad TNI AD Letjen TNI Gatot Nurmantyo saat berbuka puasa bersama dan pembagian sembako kepada anak yatim di Markas Divisi Kostrad Cilodong Depok. Sedikitnya terdapat 1.000 anak yatim bersama 5.650 anggota menghadiri safari Ramadan tersebut.

"Malam ini saya diundang oleh Panglima Divisi I berbuka puasa bersama. Makna Ramadan bagi prajurit, bahwa ini momen latihan mengendalikan atau perang melawan hawa nafsu. Sehingga selesai Ramadan tak berubah, moral, iman takwa, dan etika adalah modal prajurit, menghargai masyarakat dan saudara," ujarnya kepada wartawan di Markas Divisi Kostrad TNI AD Cilodong Depok, Rabu (31/7/2013).

Dia mengatakan, dalam hal pengamanan Lebaran, pihaknya bersiap siaga bersatu dengan Polri dan pemerintah. Sejauh ini, kata dia, belum ada permintaan untuk membantu mengamankan arus mudik.

"Pengamanan lebaran kami siap siaga, kapanpun juga diminta polisi dan pemda kami siap. Jakarta dua batalyon siap. Permintaan 1 brigade sudah kami siapkan. Diminta atau tidak kami selalu siap," tegasnya.

Gatot menambahkan, seluruh pasukan disana merupakan pasukan reaksi cepat dan selalu siaga. Makna bulan ramadhan, kata dia, seluruh prajurit seolah tengah berlatih perang melawan hawa nafsu sama dengan latihan prajurit pada umumnya.

"Semuanya pasukan siaga, Kostrad tak pernah berlatih khusus tetapi selalu siap menghadapi apapun termasuk situasi khusus," jelasnya.

Sementara itu, Kaskostrad TNI AD Mayjen TNI Harry Purdianto mengatakan, seluruh anggota yang mengikuti safari ramadhan malam ini berasal dari anggota di sukabumi, karawang, Cilodong, Ciluwer, dan Cilodong. Pihaknya siap mengamankan arus mudik lebaran baik dari sisi kemacetan dan juga kesehatan, pihaknya siap membantu salah satunya di sepanjang jalur Jakarta hingga Jawa Timur.

"Kesehatan pemudik kami siap membantu, apabila ada kemacetan kami juga siap membantu. Kami berdoa mudik ini ibadah sampai tujuan," tandasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4681 seconds (0.1#10.140)