Tips mudik sehat, cegah ISPA dengan masker

Kamis, 01 Agustus 2013 - 09:15 WIB
Tips mudik sehat, cegah ISPA dengan masker
Tips mudik sehat, cegah ISPA dengan masker
A A A
Sindonews.com - Mudik sudah menjadi tradisi masyarakat muslim Indonesia setiap Lebaran. Meski harus menempuh jarak yang jauh dan melelahkan, tidak menjadi penghalang mereka untuk kembali ke kampung halaman.

Selain memakai bus dan angkutan umum lain, tidak sedikit pemudik yang memakai sepeda motor. Selain dinilai lebih efisien, praktis, dan menghemat biaya, mudik dengan sepeda motor seolah menjadi tren di masyarakat tiap mudik tiba.

Meski demikian, pemudik sepeda motor harus tetap menjaga kondisi kesehatan karena mereka rentan terpapar asap kendaraan di jalan raya yang berakibat mengalami infeksi saluran pernafasan atas (ISPA), diare, dan infeksi saluran kencing.

Spesialis penyakit dalam dari RSUP dr Kariadi, Muchlis Ahsan Udji mengungkapkan, penyakit tersebut dipicu lingkungan dan kebiasaan. “Cara meminimalisasi ISPA menggunakan masker dan helm tertutup,” ujarnya. Pemudik motor juga rentan mengalami saluran kencing. Gangguan ini karena menahan air seni selama menempuh perjalanan jauh. “Saat ingin buang air kecil langsung berhenti mencari tempat perhentian,” katanya.
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6647 seconds (0.1#10.140)